NEWS
DETAILS
Jumat, 11 Mar 2016 13:05 - Honda Community

Lima Pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) siap berlaga di seri perdana ajang balap Internasional Asia Talent Cup (ATC) 2016 yang berlangsung di Chang International Circuit, Buriram –Thailand. Keikutsertaan para pembalap yang bernaung dalam Astra Honda Racing Team (AHRT) ini merupakan bagian dari upaya AHM menyiapkan pembalap berprestasi yang membanggakan bangsa.

Pada ATC 2016, AHM mendukung 5 pembalap binaannya yaitu Andi Farid Izdihar atau Andi Gilang, Gerry Salim, Irfan Ardiansyah, Dwiki Hardhiana Suparta, dan Alif Akbar Utama. Selain berlaga di di sirkuit Chang, Thailand, pada 11-13 Maret 2016, mereka akan mengadu skill balap di seri ATC lain tahun ini yang akan di gelar di Sirkuit Losail – Qatar (17-20 Maret), Sirkuit Sepang – Malaysia (13-15  Mei), Sirkuit Zhuhai – Cina (16-19 September), Sirkuit Twin Ring Motegi – Japan (14-16 Oktober) dan ditutup di Sirkuit Sepang – Malaysia (28-30 Oktober).

Ajang balap ATC merupakan jenjang balap motor tingkat Asia yang diselenggarakan Dorna Sport sebagai penyelenggara MotoGP. Kejuaraan balap ini diikuti oleh 22 pembalap dari 8 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Japan, Thailand, China, Australia, India, dan Turkey. Pada 12 seri balap ATC, setiap pembalap bertarung menggunakan motor sport berspesifikasi Moto3, Honda NSF250R. Setiap seri balap ATC digelar 2 kali balapan sehingga setiap pembalap mengumpulkan akumulasi poin dalam menentukan posisi klasemen tertinggi di akhir seri.

Sebelumnya, kelima pembalap binaan AHM ini telah mengikuti tes pramusim ATC 2016 di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 9-10 Februari. Pada tes pramusim tersebut, Kelima pembalap yang merupakan alumni dari Honda Racing School ini berhasil menorehkan hasil positif. Salah satunya tercermin pada pembalap Andi Gilang yang berhasil meraih posisi tiga terbaik dengan catatan waktu 2:18:026. Pencapaian  ini dibukukan pada sesi kedua di hari kedua tes pramusim.

GM Marketing Planning and Analysis Division AHM Agustinus Indraputra  mengatakan hasil tes pramusim di Sepang pada awal Februari  lalu menjadi modal utama bagi kelima pembalap binaan Honda dalam unjuk kemampuan balap di seri perdana ATC. Kelima pembalap Indonesia binaan AHM ini siap mencetak prestasi dan mengibarkan Merah Putih di podium tertinggi seperti pencapaian pembalap Indonesia di ajang ini tahun lalu.

“Dengan semangat Satu Hati kami yakin raihan waktu terbaik yang ditorehkan di Sepang akan terus berlanjut dan berkembang sepanjang seri ATC 2016. Tahun ini kami pun berharap dapat meneruskan prestasi membanggakan pembalap-pembalap binaan AHM di ajang balap internasional dengan mengibarkan Merah Putih di podum tertinggi.”

Dalam 6 seri yang telah berlangsung pada 2015 lalu, perjuangan dua pembalap muda didikan AHM telah berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan bagi Tanah Air. Andi Gilang berhasil mengibarkan bendera Merah Putih dari podium tertinggi seri kedua di sirkuit Losail, Qatar, di bulan Maret. Sementara itu, pembalap asal Jawa Timur, Gerry Salim, telah dua kali berhasil menaiki podium ketiga pada seri pertama di Sirkuit Chang, Thailand, pada Maret, serta pada seri kelima di sirkuit Motegi, Jepang pada awal Oktober.

Raihan pembalap Indonesia di ATC 2015 mencatatkan prestasi yang gemilang dari 22 pembalap yang turut berpartisipasi di ajang balap bergengsi ini. Gerry Salim tercatat berhasil mengumpulkan perolehan 109 poin dan berada posisi ke-6.  Andi Izdhihar, yang akrab disapa dengan nama Andi Gilang, bersaing tipis dengan Gerry dengan memperoleh 104 poin dan berada di posisi ke-9.

Tahun ini AHM pun semakin serius membina pembalap binaannya menuju ajang MotoGP. Selain menerjun pembalap-pembalapnya dalam ATC, AHM pun telah menyiapkan 2 pembalap AHRT untuk bertarung di ajang balap di benua Eropa. Tahun ini untuk pertama kalinya, AHM mendukung pembalap binaannya Andi Gilang di CEV Moto3 Junior World Championship. Pada ajang balap binaan Dorna Sport sebagai penyelenggara MotoGP tersebut, AHM juga untuk kedua kalinya mendukung Dimas Ekky pada kelas Moto2 European Championship.

Kedua pembalap tersebut mulai menjalani tes pramusim masing-masing kejuaraan. Setelah Andi Gilang menjalani tes pramusim CEV Moto3 Junior World Championship pada akhir Februari lalu di Barcelona, Spanyol, pembalap binaan AHM lainnya yaitu Dimas Ekky Pratama pun melaju ke Spanyol untuk menjalani tes pramusim CEV Moto2 European Championship pada 10-11 Maret 2016.

RELATED
NEWS