NEWS
DETAILS
Selasa, 22 Mar 2016 07:14 - Honda Community

Dua pembalap muda Indonesia binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Gerry Salim dan Andi Gilang berhasil merebut podium pertama di ajang balap international Asia Talent Cup (ATC) 2016. Kali ini Gerry Salim dan Andi Gilang kembali mengibarkan Sang Saka Merah Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya setelah menempati posisi pertama di race yang berbeda pada seri kedua ATC yang berlangsung di Sirkuit Losail Qatar, pada Sabtu dan Minggu (19-20/3), sebelum ajang balap utama MotoGP berlangsung.
 
Gerry Salim sempat mengalami masalah dengan motornya saat sesi latihan sehingga dia harus berlomba menggunakan motor cadangan. Namun dia tidak pernah menunjukan sikap menyerah. Pembalap muda asal Surabaya ini justru mampu meraih top speed tertinggi pada sesi kualifikasi dengan 215.1 km/jam.
 
Start pada posisi ke enam di race pertama, pembalap lulusan Honda Racing School ini mampu memposisikan dirinya bersaing di rombongan terdepan. Dengan semangat bersaing tinggi, Gerry Salim mampu menerobos ke posisi 2 pada 3 lap terakhir. Pada lap terakhir, Gerry Salim mulai memacu motornya dan overtaking para pembalap di depannya serta mengakhiri balapan 14 lap pada posisi pertama dengan catatan waktu 31’27.084. Sementara itu, Andi Gilang mengakhiri race pertama pada posisi ke-5.
 
“Balapan saya di seri Qatar ini dari awal sesi latihan tidak berjalan mulus. Motor utama saya bermasalah dan saya harus pakai motor cadangan saat kualifikasi dan dapat posisi start 6. Besoknya untuk persiapan race saya minta ke chief untuk memindahkan suspensi depan belakang motor saya yang asli ke motor cadangan dengan harapan engine OK dan suspensi OK. Pada race pertama saya mampu mengikuti rombongan depan dan begitu 3 lap terakhir saya coba push, alhamdulilah bisa juara 1." ujar Gerry Salim‎.

Sementara itu, pada race kedua Gerry Salim dan Andi Gilang terus berusaha mempertahankan raihan positif pada race pertama. Dari awal balapan, Andi Gilang berusaha memaksimalkan keuntungan start pada posisi kedua. Bertarung dengan pembalap Thailand, Somkiat Chantra dari awal lap Andi Gilang terus berusaha menempel pembalap di depannya tersebut. Menjelang garis finish, Andi Gilang mulai memacu motornya dan mampu overtaking di detik-detik terakhir sehingga meraih posisi pertama di race kedua dengan raihan waktu 30’57.662.
 
“Pada race 1 kondisi angin sangat kencang sekali sehingga susah sekali untuk melepaskan diri dari rombongan. Saya coba menusuk lewat late breaking dari sisi inside juga kurang berhasil. Pada race kedua, kondisi angin tenang dan membuat saya bisa memaksimalkan racing line saya. Saya & Chantra bisa lepas dari rombongan sekitar 5 detik. Di sini saya berpikir untuk sabar saja dan coba mengukur slipstreaming untuk melewati Chantra. Alhamdulilah strategi ini tepat dan saya bisa meraih podium pertama.” ujar Andi Gilang.
 
Sementara itu,  pada race kedua ini Gerry Salim juga mampu menunjukan performa maksimalnya. Gerry Salim yang mulai dari awal lomba selalu dikepung pembalap-pembalap Jepang, akhirnya mampu memperbaiki posisi dan finish posisi 3 yang diraihnya menjelang garis finish. Dengan ini Gerry Salim pun berhak menemani Andi Gilang menaiki podium pada race kedua.
 
Pada ATC 2016 seri Qatar ini, pembalap binaan AHM lainnya yaitu Irfan Ardiansyah, Alif Utama, dan Dwiki Suparta juga turut bertarung dengan semangat tinggi dan berusaha memberikan yang terbaik bagi bangsa.
 
Dengan berakhirnya seri Qatar, saat ini Gerry Salim memimpin klasemen sementara ATC 2016 mengungguli pembalap-pembalap berbakat dari negara lain. Sementara itu rekannya Andi Gilang berada pada posisi 5 dan Irfan Ardiansyah di posisi 9.
 
General Manager Marketing Planing and Analysis Division AHM A. Indraputra mengatakan hasil positif pada dua seri awal ATC 2016 merupakan kemenangan bagi Indonesia. Pencapaian ini akan mengubah pandangan negara lain terhadap kompetensi dan ketangguhan generasi muda Indonesia di dunia balap. Rentetan prestasi tersebut juga menjadi bukti nyata efektifitas pembinaan balap berjenjang AHM dalam mewujudkan mimpi anak bangsa untuk cetak prestasi sampai level tertinggi di dunia balap.
 
“Kemenangan Gerry Salim dan Andi Gilang pada ATC seri Qatar ini luar biasa dan tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa ini. Dengan semangat Satu Hati, kami selalu berupaya menemani generasi muda mewujudkan mimpi mereka raih prestasi sampai ke ajang MotoGP. Hasil positif ini kami yakin akan berlanjut di seri berikutnya.”
 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK