NEWS
DETAILS
Kamis, 25 Nov 2021 10:00 - Ikatan Motor Honda Makassar

Makassar - Diambil dari berbagai sumber, pengertian blind spot adalah area tidak terlihat atau titik buta. Maksud blind spot dalam konteks berkendara ialah area yang tidak terlihat oleh pengendara mobil atau motor. Blind spot merupakan salah satu faktor dominan penyebab terjadinya kecelakaan.

Menurut beberapa ahli, blind spot tidak bisa dihilangkan namun dapat diminimalisir. Penyebab terjadinya blind spot bisa dari beberapa faktor. Diantaranya yakni konstruksi kendaraan. Tidak hanya itu, faktor keadaan lingkungan sekitar yang dilalui juga dapat menjadi faktor terjadinya blind spot. Contohnya seperti persimpangan, tikungan, area padat bangunan atau area berbukit.

Demi mengurangi terjadi blind spot, berikut langkah yang harus diperhatikan oleh setiap pengendara roda dua, roda empat maupun lebih.

  1. Usahakan Kaca Spion Sejajar

 Pengaturan posisi spion sangatlah penting. Aturlah posisi spion kendaraan agar sejajar dengan badan kendaraan anda.

  1. Gunakan Spion Bawaan Pabrik

 Pabrik pasti telah memikirkan matang-matang bentukan dari spion yang akan digunakan oleh konsumen. Karena kehadiran spion dalam kendaraan sangat penting untuk membantu menghindari kecelakaan pengemudi.

  1. Gunakan lampu sein, melihat spion dan pastikan area di depan terlihat.

 Jika ingin belok dan mendahului kendaraan di depan kita, sebaiknya menyalakan lampu sein serta melihat spion kanan dan kiri untuk memastikan posisi kita aman tidak membahayakan diri sendiri maupun kendaraan sekitar.

  1. Tidak memaksakan Diri Menyalip Kendaraan Didepan

 Sifat terburu-buru dalam berkendara sangat tidak disarankan. Apalagi sampai memaksakan diri untuk mendahului kendaraan di depan.

RELATED
NEWS