NEWS
DETAILS
Senin, 25 Jul 2022 07:49 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Bertempat di Pantai Tirta Ayu, Balongan, Indramayu, para bikers pengguna Sepeda Motor Honda PCX menggelar Jambore Wilayah 2 Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Jawa Barat-Banten pada 23-24 Juli 2022 yang didukung oleh PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat.

Sebanyak lebih dari 800 bikers pengguna Honda PCX dari seluruh Jawa Barat-Banten hadir dan melakukan beragam aktivita yang positif antara lain memberikan santunan kepada anak yatim, membersihkan sekitaran Pantai sebagai bentuk kepedulian para bikers bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Nah untuk lebih mengenalkan kebudayaan daerah, pada rangkaian acara Jambore Wilayah ini juga diisi dengan pertunjukan Tari Topeng sebagai wujud memperkenalkan salah satu budaya asli Indramayu agar semakin dikenal oleh seluruh masyarakat.

Tari topeng Cirebon adalah salah satu tarian di wilayah kesultanan Cirebon. Tari Topeng Cirebon, kesenian ini merupakan kesenian asli daerah Cirebon, termasuk Subang, Indramayu, Jatibarang, Majalengka, Losari, dan Brebes. Disebut tari topeng karena penarinya menggunakan topeng di saat menari. Pada pementasan tari Topeng Cirebon, penarinya disebut sebagai dalang, dikarenakan mereka memainkan karakter topeng-topeng tersebut.

Tari topeng ini sendiri banyak sekali ragamnya dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan. Terkadang tari topeng dimainkan oleh satu penari tarian solo, atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang.

Thomas Stamford Raffles dalam bukunya The History of Java mendeskripsikan bahwa kesenian topeng Cirebon merupakan penjabaran dari cerita Panji dimana dalam satu kelompok kesenian topeng terdiri dari dalang (yang menarasikan kisahnya) dan enam orang pemuda yang mementaskannya diiringi oleh empat orang musisi gamelan

RELATED
NEWS