NEWS
DETAILS
Sabtu, 30 May 2020 10:26 - Honda Community

Kemajuan game mobile melesat cepat berkat munculnya ponsel touchscreen di awal tahun 2009. Bahkan hingga kini game mobile telah menyaingi game konsol serta game PC.

Kembali ke 3 tahun yang lalu, kata Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) sangatlah asing di telinga pemain game mobile. Hingga pada Juli 2016, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) memasuki dunia mobile gaming di Indonesia dan sukses menarik perhatian para pemain.

Terbukti Moonton sukses merilis Mobile Legends. Indonesia bahkan menjadi salah satu negara yang berkontribusi besar atas kepopuleran game ini.

Yang lebih menarik lagi, developer game tersebut punya karakter dari seri pahlawan (hero), yakni Gatotkaca. Karakter tokoh pewayangan tersebut diciptakan sebagai apresiasi Mobile Legends terhadap budaya Indonesia, sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia pada dunia.

Karena popularitas yang cukup tinggi, Mobile Legends kerap menggelar kompetisi game tingkat Asia Tenggara di mana Indonesia menjadi salah satu negara peserta. Untuk tingkat nasional sendiri ada MPL ID dan Piala Presiden Esports 2019. Mereka juga mengadakan turnamen untuk menjangkau semua kalangan peminat esports dengan menggelar turnamen Mobile Legends Campus Championship (MLCC).

Oh iya, buat brader yang tidak tahu apa itu MPL, MPL adalah liga kompetitif tertinggi untuk MLBB yang resmi digelar oleh Moonton selaku publisher dari MLBB. Anggaplah turnamen ini seperti Premier League di sepak bola atau NBA di basket.

Karenanya, MPL memang bisa jadi salah satu tolak ukur antusiasme gamer ataupun fans esports MLBB di Indonesia.

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga meminta penerbit game "Mobile Legend", Moonton, untuk membuka kantor di Indonesia agar bisa lebih dekat dengan pasar lokal. Kementerian Kominfo juga mendukung pengembangan e-sport sebagai sarana pengembangan kreatifitas.

Sampai di penghujung dekade, game MOBA ini tetap eksis dan masih dimainkan oleh banyak kalangan.

RELATED
NEWS