NEWS
DETAILS
Senin, 15 Jun 2020 11:30 - Honda Community Jawa Timur

Riding postur berkendara penting diketahui dan diterapkan setiap pengendara. Karena dengan riding postur yang benar maka mengendalikan motor akan mudah dan nyaman yang ujungnya keselamatan didapat.

NGOPREK (Ngobrol Online Seputar Komunitas) yang live instagram MPM Honda Jatim sabtu 15 juni 2020 pukul 15.00 wib membahas tema ‘Pengaruh postur berkendara saat naik motor’.

Para instruktur safety riding MPM Honda Jatim menjadi nara sumber sekaligus pemandu acara. Dionisius Misidianto menjadi pembawa acara dengan nara sumbernya Hilmy.

“Riding postur yang tepat memudahkan mengetahui informasi sekitar yang dibutuhkan saat berkendara. Mencegah cepat lelah saat berkendara dalam waktu lama. Penting lagi memudahkan dalam bermanuver dan mempertahankan keseimbangan,” kata Helmy.

Tujuh riding postur dijelaskan dalam NGOPREK

-Mata, pandangan lurus ke depan, agar dapat menangkap banyak informasi di jalan, baik kondisi jalan maupun kendaraan juga lalu lintas yang ada, termasuk cuacanya. Informasi yang ditangkap mata ini akan dikirim ke otak untuk bisa dipikirkan langkah yang tepat untuk memerintahkan anggota tubuh yaitu tangan dan kaki dalam mengendalikan motor yang aman.

-Sikusedikit menekuk dan rileks. Posisi siku yang ideal adalah ditekuk sedikit ke dalam. Fungsinya adalah meredam gunjangan.

-Tanganmenggengam bagian grip kemudi dimana Anda dapat dengan mudah mengendalikan seluruh instrumen dan pengoperasian komponen sepeda motor dikepal seutuhnya untuk memudahkan handling.

-Pinggulduduk dengan posisi yang nyaman sehingga dengan mudah dalam mengoperasikan dan mengendalikan sepeda motor. Posisi duduk, jangan terlalu kedepan ataupun kebelakang. Ambil posisi yang nyaman saja dan tubuh tidak cepat lelah.

-Lututuntuk motor sport, posisi lulut menjepit tangki. Lalu untuk motor bebek dan skutik, posisi lutut lurus ke depan. Fungsinya membantu keseimbangan serta memberikan ancang-ancang jika diperlukan manuver.

-Bahu, ketika riding, upayakan posisi bahu tetap rileks jangan kaku. Hal ini untuk memudahkan ketika bermanuver

-Kaki, posisi telapak kaki harus lurus kedapan. Pada motor sport, kalau miring akan sulit memindahkan transmisi. Sedangkan pada motor bebek dan skutik mempengaruhi keseimbangan.

Yuk berkendara dengan riding postur yang tepat supaya mudah Cari_aman di jalan demi safety riding.

RELATED
NEWS