NEWS
DETAILS
Sabtu, 27 Feb 2021 08:43 - Honda Community Jawa Tengah

balik lagi neng kene mas mbak lur, Sejak peluncuran All New PCX 160 eSP+ pada awal bulan Februari lalu, beragam teknologi yang tersemat di motor ini sontak menjadi perbincangan penyuka skutik gede. Termasuk di antaranya adalah Honda Selectable Torque Control (HTSC) yang merupakan teknologi keamanan terbaru yang disematkan Honda pada motor skutik premium  terbarunya. 

Fitur HTSC ini memang bukan fitur baru dalam pengembangan teknologi Honda. Namun merupakan kali pertama disematkan di motor skutik dengan cc mesin 160, setelah sebelumnya tersedia di motor Honda lainnya yang memiliki cc lebih bear. Pengaturan torsi ini bermanfaat untuk menjaga traksi ban terhadap permukaan jalan. Honda melengkapi fitur ini di All New PCX 160 eSP+ karena kemampuan mesinnya yang meningkat secara signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya.

 

Penyematan fitur HSTC ini tentu saja bukan tanpa sebab, karena All New Honda PCX 160 memiliki kemampuan yang sangat dekat dengan motor sport 150 cc. Hal ini terlihat dari kekuatan mesin dalam mengekstrak tenaga hingga 16 PS/8500 Rpm dan dibandingkan terhadap bobot motor seberat 131 (CBS Type)/132 (ABS Type). Sehingga, untuk menjamin kesenangan dan keamanan berkendara tentunya Honda memilih untuk menyediakan fitur keamanan ini

Cara kerja HSTC dalam mengatur target torsi yang akan dikeluarkan dari mesin yaitu dengan spontan mengurangi volume bahan bakar yang dialirkan ke ruang bakar walaupun bukaan gas tetap dipertahankan oleh pengendaranya. Kondisi ini tercipta berdasarkan perintah Engine Control Modul setelah mendapat informasi jika ada perbedaan kecepatan putar roda belakang terhadap roda depan.

 

Oke Desiyanto, Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah mengatakan bahwa teknologi HSTC sangat bermanfaat untuk kegiatan berkendara sehari-hari. Hal ini berjalan selaras dengan kampanye keamanan berkendara yang digaungkan oleh Honda, #Cari_Aman.

Fitur HTSC merupakan langkah pencegahan roda belakang kehilangan grip atau traksi ke jalan karena kekuatan torsi mesin yang dihasilkan oleh sebuah motor. Fitur ini menyala secara otomatis setiap kali All New PCX 160 dinyalakan. Hal ini untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pengguna, dimana setiap memulai perjalanan selalu dijamin tidak terjadi slip di roda belakang. Honda juga memberikan pilihan kesenangan untuk pengendara yang ingin memiliki sensasi berkendara murni tanpa diatur oleh teknologi maka fitur ini bisa dinonaktifkan pada saat sebelum berkendara.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK