NEWS
DETAILS
Jumat, 01 Apr 2022 08:04 - Honda Community Jawa Tengah

Semarang – Telah menjadi salah satu pilihan transportasi yang menunjang aktivitas berkendara sehari – hari, sepeda motor matic dianggap simple namun nyaman untuk dikendarai terutama dijalanan yang padat kendaraan, sehingga pengecekan motor untuk memastikan kendaraan kita prima dan aman sangat penting untuk dilakukan secara berkala.  

Hery Suryo Indratno selaku Technical Service Manager Astra Motor Jateng mengingatkan bahwa seringkali pengendara motor tidak melakukan pengecekan rutin dan service berkala sehingga memungkinkan aktivitas berkendara menggunakan motor matic menjadi terganggu. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar motor tetap prima saat dikendarai, diantaranya: 

  1.  
  2. Ganti Oli Mesin dan Oli Transmisi Secara berkala
  3. Karena pada sepeda motor banyak komponen - komponen yang saling bergesekan, terutama pada bagian mesin, sehingga jika gesekan tersebut tidak ada pelumasan, maka komponen tersebut akan cepat aus dan cepat rusak. Perlu di ingat untuk motor matic ada 2 jenis oli yang perlu dilakukan pergantian secara berkala yaitu Oli Mesin untuk pelumasan komponen mesin dan yang kedua Oli Transmisi, untuk pelumasan bagian final drive. 

 

  1.  
  2. Lakukan pemeriksaan CVT secara berkala
  3. Motor cub dan motor sport menggunakan rantai yang bilamana rantai tersebut kendor atau rusak pengendara bisa langsung mengeceknya, sedangkan motor matic menggunakan V-Belt (semacam karet penggerak) yang tertutup sehingga jika kotor atau rusak pengendara tidak bisa langsung mengecek. Sangat penting bagi pengendara untuk melakukan pemeriksaan CVT secara berkala supaya kita bisa tau kondisinya masih bagus atau tidak. 

 

  1.  
  2. Pemeriksaan Rem secara berkala
  3. Rem merupakan komponen paling penting di sepeda motor yang di gunakan untuk mengurangi laju kendaraan. Motor matic dibekali dengan 2 fungsi rem yaitu depan dengan model disk brake/cakram dan belakang dengan model tromol. Pengendara dapat melakukan pengecekan kondisi rem depan dengan melihat batas minyak rem pada stang bagian kanan dan alur kampas rem depan, sedangkan rem belakang dapat di cek pada posisi indicator keausan dengan tanda segitiga. Sekarang dengan adanya teknologi baru, system pengereman yang disematkan pada motor matic yang disebut CBS (Combi Brake System) akan lebih memudahkan pengereman, karena saat tuas rem belakang ditekan, otomatis rem depan akan ikut mengerem. 

 

  1.  
  2. Periksa Kondisi Ban 
  3. Medan jalan yang dilalui pengendara pasti bervariasi, ada yang rata dan ada yang terjal, sedangkan kondisi ban kendaraan akan semakin aus tergantung seberapa sering kendaraan itu dipakai, untuk itu yang perlu diperhatikan untuk kondisi ban seperti tekanan angin ban dan alur ban masih pada batas aman pemakaian. Ban sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu ban Tube Tire (ban menggunakan ban dalam) dan Tubeless (tanpa ban dalam) dimana keduanya sama - sama nyaman digunakan untuk semua jenis motor, akan tetapi untuk ban tubeless tidak akan langsung kempes jika bocor. 

 

  1.  
  2. Pemeriksaan kondisi lampu - lampu dan speedometer 
  3. Model kendaraan sekarang sudah menggunakan AHO (Automatic Highlight On) dimana saat kendaraan dihidupkan, otomatis lampu depan/lampu kepala menyala. Karena kebiasaan tersebut kita kadang jarang memperhatikan kondisi lampu apakah masih nyala atau tidak, selain itu yang perlu diperiksa arah sinar lampu harus sesuai. Pada motor matic selain lampu depan juga perlu di cek kondisi lampu sein sebagai isyarat belok dan lampu rem sebagai isyarat kita mengurangi laju kendaraan atau berhenti dari semua lampu sudah terintegrasi ke panel speedometer, sehingga memudahkan pengendara untuk memastikan bahwa fungsi lampu yang dioperasikan sudah sesuai. 

 

Untuk memudahkan pengendara motor Honda dalam melakukan pengecekan sepeda motor maticnya, sejumlah 349 bengkel AHASS Jateng resmi yang tersebar di seluruh Jawa Tengah telah siap untuk membantu menangani berbagai masalah pada motor matic Anda dengan jaminan kualitas service, performa layanan yang unggul, mekanik ahli yang tersertifikasi, dan sparepart yang 100% dijamin keasliannya. 

 

“Akan lebih baik kalau tidak menunda – nunda servis dan perawatan berkala motor matic kita agar produktivitas harian tetap bisa aman dan terjaga. Untuk memudahkan konsumen, AHASS Jateng juga menyediakan layanan booking service online yang dapat dilakukan dengan mendownload aplikasi Motorku X, sehingga datang service tidak lagi harus menunggu antrian yang panjang,” ucap Hery. 

 
RELATED
NEWS