NEWS
DETAILS
Sabtu, 23 Oct 2021 23:36 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Bicara tentang standart dua atau tengah memang terdengar sepele ya, tapi peranan perangkat tersebut bukan hanya menahan motor ketika kita parkir saja.

Bukan hanya untuk menopang motor, fungsinya juga untuk memerpanjang usia komponen motor.

Salah satunya shockbreker belakang (khusus shockbreker yang double) jika parkir pake standart samping maka beban motor akan menekan ke satu sisi saja, yup ke kiri, so kerja shockbreker jadi lebih berat sebelah.

Untuk ban juga berpengaruh terutama ban belakang, jika pake standart samping maka permukaan ban belakang menyentuh tanah/aspal, jika pake standart dua ban belakang akan menggantung dan kalau bisa ban depan juga jangan menyentuh aspal bisa dengan cara diganjal dibagian mesinnya.

Kerugiannya jika ban nyentuh aspal/tanah, pertama tekanan angin akan berubah, kedua kontur bentuk ban akan peyang, karena terlalu lama menekan ke satu sisi karena bradr pake sandart samping.

Lainnya pada oli mesin yang akan ngumpul pada sisi kiri mesin, jika terlalu lama di parkir maka oli akan mengental, sehingga ketika mesin dihidupkan kembali oli ngga langsung terpompa ke bagian-bagian mesin karena oli terkumpul di satu sisi.

Nah akibatnya komponen mesin bisa terluka karena ngga terlumasi dengan baik oleh olinya.

Wah ngembet kemana-mana ya gara-gara pake standart samping saat parkir berhari-hari, nah jika kita mau parkirin motor kira-kira dalam waktu lama baiknya bradr gunakan standart tengah alias standart dua.

RELATED
NEWS