NEWS
DETAILS
Kamis, 21 Oct 2021 22:50 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Berkunjung atau berwisata ke Jawa Barat kurang lengkap kalau tidak mencicipi makanan khas Jawa Barat. Selain terkenal dengan wisatanya, Jawa Barat juga terkenal dengan beraneka makanan khas Jawa Barat yang wajib dicoba.

Berikut ini 5 makanan khas Jawa Barat yang wajib dicoba saat berwisata di beberapa daerah di Jawa Barat.

1. Kupat Tahu

Buat kamu yang berkunjugn ke Tasikmalaya, kamu perlu cobain makan enak di Tasikmalaya yang satu ini, namanya adalah Kupat Tahu. Kupat tahu tergolong makanan khas Tasikmalaya yang digemari.

Ada beberapa lokasi yang menjual kupat tahu Tasikmalaya, tapi yang paling terkenal adalah kupat tahu Manungreja yang terletak tepat di jalan raya Mangunreja, Singaparna Tasik.

Istimewanya dari kupat tahu ini adalah bumbunya yang enak dan gurih serta tidak terlalu pedas. Racikan bumbunya pun tidak sama dengan kupat tahu di daerah lain, pantaslah jadi tujuan wisata kuliner khas Tasikmalaya.

2. Soto Pangandaran

Buat bikers penikmat soto, kalian harus mencoba Soto Pangandaran. Ciri khas soto ini kuahnya yang berwarna kuning.

Irisan daging yang lembut menambah kenikmatan saat merasakan kuliner satu ini. Bihun, kerupuk berwarna merah, dan taburan irisan daun juga tak lupa menghiasi mangkuk besar soto khas Pangandaran ini.

Soto ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 5 ribu. Wisatawan bisa mencicipinya di kedai Soto Jarkomi di jalan Pananjung No.412.

3. Sate Galunggung

Sate Galunggung sebenarnya nama sebuah warung sate, sate ini sangat terkenal di Pangandaran sejak tahun 1970-an. Sate Galunggung terletak di Jalan Kidang Pananjung, Pananjung, Pangandaran, Jawa Barat.

Daging untuk sate yang disajikan daging ayam dan daging kambing, yang bisa dinikmati dengan dua macam pilihan bumbu yakni kacang dan kecap.

Namun yang paling banyak diburu oleh pecinta kuliner sate galunggung yang disajikan dengan bumbu sambal kacang.

Selain sate, bikers yang doyan dengan daging kambing juga bisa mencicipi aneka sop seperti sop kambing, sop sapi, sop buntut, dan yang paling disukai adalah kambing guling.

4.Toge Goreng

Buat bikers yang berwisata atau berkunjung ke Bogor, kamu bisa cicipi makanan khasnya seperti toge goreng. Kelezatannya sayang buat dilewatkan.

Toge goreng, kuliner khas Bogor, berbahan tauge, dilengkapi dengan mie kuning, tahu, lontong dan tauco. Gurih dan nikmat!

Salah satu kedai penjual toge goreng di Bogor yaitu Toge Goreng Khas Bogor H Gebro, berlokasi di Jalan Pengadilan, depan Irian Motor/Abadi Baru.

Kedai sederhana ini cukup dekat dari Stasiun Bogor, berjarak 850 meter dan hanya membutuhkan waktu sekitar 11 menit jalan kaki dari Stasiun Bogor ke Toge Goreng H Gebro.

Bukan hanya toge goreng, di sini juga menyuguhkan makanan lain yaitu pecel. Hal utama yang membuat pecel di sini enak adalah bumbu kacangnya. Untuk harga makanannya cukup terjangkau. Semua makanan seharga Rp 15.000 per porsi.

5.Empal Gentong

Berbicara seputar makanan khas Jawa Barat, kamu pasti sudah akrab dengan nama Empal Gentong. Mungkin sebagian dari kamu tidak tahu bahwa empal gentong adalah makanan yang berasal dari Cirebon.

Makanan ini terdiri dari daging sapi yang dimasak dalam gentong khusus menggunakan kayu bakar. Jadi, cita rasa dan aroma empal gentong ini begitu kuat dan sedap.

Sekilas tampilan empal gentong nampak sama seperti gulai, apalagi bahan-bahan yang dimasukkan juga sama dengan gulai, yakni daging sapi dan aneka jeroan.

Namun, kuah empal gentong ini tidak sekental gulai. Nikmati empal gentong bersama dengan lontong atau nasi putih.

Itulah 5 makanan khas Jawa Barat, sebenarnya masih banyak, nanti akan kita ulas lagi. Persiapkan diri kamu buat nyobain makanan khas Jawa Barat

RELATED
NEWS