NEWS
DETAILS
Kamis, 09 Jun 2016 14:50 - Honda Community

Tantangan berpuasa buat bro/sis mungkin jadi sedikit lebih besar, pasalnya tidak makan dan minum seharian bisa mengurangi konsentrasi berkendara. Masa rawan bagi biker yang berpuasa adalah setelah jam 12 hingga menjelang sore, karena jarak terakhir mengisi makanan sudah lebih dari 8 jam.

Menurut dokter Adrian Tio, ini gejala wajar. Dokter yang banyak bertugas sebagai dokter di arena balap ini menyebut puasa memang mempengaruhi konsentrasi dan daya tahan tubuh. "Sebenarnya itu karena dipengaruhi kadar gula dalam darah yang berkurang hingga ke level terendah. Kekurangan kadar gula membuat tubuh jadi lemas. Lemas membuat gerak orang melambat. Karena metabolisma lambat, kesadaran berkurang. Sehingga mengantuk," jelasnya.

"Kita kan sahur sekitar pukul 4 subuh. Semua kandungan gizi di makanan akan terurai 8 jam setelah sahur. Makanya, setelah jam 12 siang itulah tubuh mulai terasa lapar, lepas dan seterusnya," lanjut dokter Adrian.

Secara biologis, normalnya, saat tidak berpuasa, tubuh manusia pun perlu beristirahat sekitar pukul 12 hingga 14 siang. Makanya, jam istirahat dipatok sekitar jam segitu. Sebab, aktivitas yang sudah dikerjakan sejak pagi sudah menguras energi dan konsentrasi. Apalagi pekerjaan pengendara yang mesti mondar-mandir dengan motor.

Untuk mengatasinya, memang tidak ada. Kecuali mau membatalkan puasa. Tetapi, itu tidak mungkin dan dilarang. Karena niat kita beribadah jangan sampai tercemar karena haus dan lapar. Justru niat berpuasa yang menguatkan kita agar tetap menjalankan aktifitas normal saat berpuasa.

Saran paling masuk akal dari dr. Adrian, lebih banyak istirahat jika sudah melebihi jam 12. Jadi, kalau mengadakan perjalanan dengan motor di siang hari, harus banyak istirahat. Sambil menarik nafas dalam-dalam agar suplai oksigen ke otak bertambah. "Bila perlu sambil membasuh muka dengan air agar kembali segar," sodornya.

Lebih baik lagi jika melakukan perjalanan saat kadar gula di tubuh masih cukup, yaitu dari pagi sampai sebelum jam 12 siang. Siang, terik matahari di negara tropis seperti kita akan sangat menguras energi. Apalagi muslim yang berpuasa.

Ada tantangan lagi buat pengendara selama puasa. Kali ini saat sore hari, saat melakukan perjalanan menuju rumah. Biasanya, keinginan untuk cepat sampai rumah membuat kita sedikit sembrono menghela kuda besi. Dengan kondisi tubuh yang sudah lelah, akan lebih lambat reaksi kita. Jadi, saat ini juga rawan kecelakaan.

Jadi, sebaiknya, saat berpuasa, bro/sis pun harus menahan nafsu memacu motor.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK