NEWS
DETAILS
Senin, 22 Jun 2020 16:08 - Surabaya Honda Community

#Cari_aman saat berkendara tentu menjadi hal yang wajib diperhatikan oleh setisp pengendara kendaraan bermotor.

Oleh karena itu setiap pengendara wajib tahu dan mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan baik sebelum berkendara maupun saat berkendara.

Nah, hal diatas dibahas secara lengkap di program NGOPREK (Ngobrol Online Seputar Komunitas) yang disiarkan secara langsung alias live di instagram MPM Honda Jatim pada minggu 21 juni 2020 pukul 15.00 wib.

Acara ini dipandu oleh Ilham Santosa dan menghadirkan nara sumber Yudhistira dari tim Safety Riding MPM dan Hari Soeprianto dari Komunitas CB150R Surabaya yang juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Street Fire Indonesia serta Rudi Papachang owner dari rumah makan Madam Chang.

Dalam Ngoprek kali ini pembahasan dimulai dengan hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk perjalanan jauh seperti perjalanan kerja yang dilakukan tiap hari maupun turing yang biasa dilakukan para bikers anggota klub atau komunitas motor.

Menurut Yudhistira pengendara harus sehat, motor yang dipakai harus dalam kondisi yang bagus dan perlengkapan berkendara yang digunakan aman dan nyaman untuk perjalanan jauh.

Dari kacamata komunitas motor menurut Hari, ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu motor dan pengendara. Pengecekan kondisi motor sebelum digunakan sangat penting seperti memanasi mesin, cek kelengkapan motor seperti lampu depan, lampu sein, rem depan dan belakang dan tekanan ban.

Untuk pengendara wajib dalam kondisi sehat dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan tak kalah pentingnya adalah penggunaan riding gear yang benar seperti helm standar SNI, sarung tangan yang menutupi seluruh jari, jaket, sepatu dan yang tak kalah pentingnya juga adalah masker penutup hidung mengingat sekarang masih belum aman dari virus corona.

Yudhistira juga menambahkan tentang penerapan riding postur yang benar untuk mencegah badan cepat pegal dan fokus berkendara serta mengendalikan motor tetap baik serta manajemen waktu saat istirahat yang tepat agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk makanan yang dianjurkan menurut Rudy Papachang, sebaiknya menghindari makanan berkarbohidrat tinggi dan minuman dingin yang manis karena hal ini bisa menyebabkan rasa kenyang dan membuat badan cepat lelah bahkan ngantuk.

RELATED
NEWS