NEWS
DETAILS
Selasa, 02 Mar 2021 05:16 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Pada 12 Januari 2021 lalu PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan All New Honda CBR150R  dengan perubahan yang menyeluruh yang kemudian diikuti dengan pengenalan secara regional oleh PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat melalui Virtual Regional Public Launching pada 30 Januari 2021.

Dengan mengusung konsep “Total Control” keseluruhan desain All New CBR150R mengalami perubahan menyeluruh  dengan mengadopsi garis desain sang kakak yaitu CBR250RR termasuk penyematan lampu-lampu LED yang agresif namun tetap mempertahankan desain dengan banyak sudut yang lebih menonjolkan sisi agresifnya.

All New CBR150R dengan desain yang baru ini merubah pula gaya berkendara yang membuatnya memiliki gaya condong ke depan yang tentunya semakin memperkuat karakter “racy”.

Gaya yang semakin “racy” juga didukung oleh penyematan inverted front suspension pada bagian depan yang biasa kita sebut dengan suspensi upside down.

Meski terlihat memiliki kesamaan dengan CBR250RR karena sama-sama menggunakan suspensi upside down dari Showa dengan ukuran as suspensi yang sama yaitu 37 mm, ternyata suspensi yang digunakan pada All New CBR150R dan CBR250RR memiliki banyak perbedaan yang tentunya membuat karakter kedua suspense ini menjadi berbeda.

Jika pada CBR250RR masih menggunakan suspensi depan dengan tipe SFF (Separated Front Fork), maka pada All New CBR150R menggunakan suspensi dengan tipe SFF-BP (Separated Front Fork - Big Piston).

Suspensi tipe SFF sendiri merupakan suspensi yang antara bagian kanan dan kiri memiliki fungsi yang berbeda yaitu dimana biasanya bagian kanan hanya terdiri dari mekanisme per saja sedangkan di bagian kiri selain memiliki mekanisme spring namun ditambah dengan sistem kompresi dan rebound.

Lalu perbedaan antara tipe SFF dan SFF-BP terletak dimana? Perbedaan yang paling jelas terlihat adalah ketika konstruksi kedua suspensi ini dibuka dimana pada tipe SFF terdapat inner cylinder yang berfungsi sebagai catridge sedangkan pada pada SFF-BP inner cylinder ini tidak ada sehingga disebut sebagai big piston karena penampangnya menjadi semakin luas.

Perubahan ini tentu akan membuat karakter dari suspensi tipe SFF-BP yang digunakan pada All New CBR150R mampu meningkatkan kestabilan berkendara untuk digunakan ketika berkendara harian, terutama ketika sedang melaju dengan kecepatan cukup tinggi.

Selain itu, penggunaan suspensi tipe ini juga akan membuat handling dari All New CBR150R semakin lincah juga tentunya akan menghasilkan reaksi yang lebih lembut ketika melaju di jalan yang tidak rata.

RELATED
NEWS