NEWS
DETAILS
Senin, 04 Oct 2021 06:10 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan..... Barangkali keberadaan komponen yang satu ini suka kelewat. Malah ada yang belum sadar tentang fungsi dari bar end. Kasus yang lebih ekstrim, karena dianggap menganggu saat melaju di jalanan yang sempit, bar-end alias jalu ujung setang malah dilepas. 

Bagi sebuah motor, komponen yang ada di-ujung stang ini sepertinya sebuah benda yang sepele, namun ketika dilepas, akan terasa ada sesuatu yang tidak seimbang atau tidak stabil dalam hal kemudi motor. Apalagi bagi motor sport  macam CBR250R, CBR150R, CB150R, New Megapro FI, hingga Verza. Fungsinya memang bertujuan memberikan keseimbangan dan kestabilan pada saat motor dikendarai.

Balancer yang dibuat dengan bentuk dan desain khusus ini, biasanya memiliki “berat” yang dapat memberikan suatu keseimbangan pada kemudi atau kestabilan stang motor. Disamping itu, dengan menggunakan alat balancer ini bisa mengurangi getaran kemudi motor agar stang menjadi lebih stabil dan nyaman saat dikendarai.

Emang sih, dengan adanya bar-end ini motor terasa jadi lebih lebar. Tapi justru dengan adanya komponen ini, motor akan menjadi lebih aman lho Brosis! Sebab selain bertujuan untuk mengurangi getaran pada stang dan menambah kestabilan, bar end dapat menjadi proteksi ketika motor Brosis jatuh.

Apapun bahan, model dan desainnya, yang penting perhatikan fungsi utamanya, bahwa keberadaan balancer ini adalah sebagai alat keseimbangan dan kestabilan kemudi motor. Jangan pernah sepelekan fungsi bar-end. Seandainya ada kasus bar-end di motor Brosis hanya tinggal sebelah karena hilang atau lepas, langsung aja tuh cari pasangannya. Biar motor jadi stabil lagi. Gak percaya? Coba aja lepas Bar-End-nya sebelah, dijamin gak nyaman deh bawa motornya!

RELATED
NEWS