NEWS
DETAILS
Selasa, 12 Oct 2021 19:25 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Standar motor fungsinya untuk menopang motor saat parkir. Ada standar samping dan standar tengah. Sayangnya, komponen yang satu ini sering diabaikan tanpa perawatan.

Akibat tanpa perawatan,  standar bisa kotor sampai berkarat. Bahkan seringkali bagian dari komponennya terlepas. Saat motor berhenti dan ingin parkir, standar tidak bisa difungsikan. Sobat pasti repot!

Menghindari repotnya motor tidak bisa parkir, perawatan pada standar samping dan tengah perlu dilakukan secara berkala. Perawatan bisa dimulai dari kebersihannya.

Paling gampang ketika selesai menerobos kubangan air kotor atau jalan berlumpur, sampai di rumah bersihkan standar tengah atau samping yang mungkin menempel kotoran.

Semprotkan air ke standar motor agar kotoran yang menempel luntur dan hilang. Bila disemprot air susah hilang, bisa disikat supaya tanah dan kotoran yang nempel hanyut bersama air. Standar kembali bersih.

Setelah standar bersih, berikan anti karat supaya standar tidak terserang korosi. Bagian as standar juga berikan pelumas. Adanya pelumas ini untuk memperlancar gerakan standar saat difungsikan.

Satu hal yang harus dihindari. Saat motor posisi parkir, baik dengan standar tengah atau samping, jangan pernah duduk di atas motor. Pemberian beban berlebih pada standar, bisa mempercepat kerusahan standar.

RELATED
NEWS