NEWS
DETAILS
Minggu, 04 Sep 2022 08:05 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Belakangan ini, kita sering menemukan banyak motor menggunakan lampu utama  (high beam) berwarna putih terang, dan  kerap menyilaukan  mata. 

Itu ternyata karena lampu motor sekarang ini lebih banyak menggunakan LED  (Light Emitting Diode ) ketimbang  lampu bohlam kuning, seperti zaman dulu.

Lampu LED adalah jenis lampu yang terdiri dari susunan pancaran diode. Dibuat dari bahan semikonduktor dan masih sejenis dengan dioda. Baik high beam atau low beam pada sepeda motor menggunakan jenis lampu LED ini. 

Popularitas lampu LED  makin mencorong karena terkenal dengan kualitas pencahayaan yang lebih terang. Lampu ini merupakan hasil pengembangan dari lampu haligen dan HID. 

Perbedaan dasar yang dihasilkan oleh cahaya lampu LED dan bohlam memang di soal warna ini. Lampu bohlam biasa terkenal dengan warna yang cenderung kuning, sementara LED berwarna putih, silau. 

Sebetulnya adakah kelebihan dari motor yang menggunakan lampu LED? Mari kita bedah satu persatu: 

Tidak Gampang Putus

Satu hal yang terkenal dari lampu LED adalah masalah awetnya. Ini karena daya yang dibutuhkan oleh lampu cenderung kecil. Jika menggunakan lampu bohlam harus sering diganti, sementara LED tidak begitu. 

Ini terjadi lantaran lampu bohlam cepat panas, ketika lampu dinyalakan terus menerus. Panas ini yang menyebabkan lampu bohlam motor gampang putus. Namun dengan penggunaan lampu LED masalah lampu gampang putus tak akan terjadi. 

Lampu LED  punya kelebihan mampu mengontrol suhu panas yang dikeluarkan saat bekerja menciptakan cahaya. Walaupun ia dihidupkan dalam waktu lama. 

Lebih Hemat 
Lampu adalah komponen penting, terlebih jika melakukan perjalanan malam hari. Jika  Sering mengganti high beam tentu akan membuat Anda tekor. 

Jika motor menggunakan lampu LED, tidak perlu banyak perawatan.  Anda hanya perlu mengikuti servis rutin untuk mengecek kondisi lampu. Jadi Anda tak perlu takut harus keluar banyak biaya karena sering mengganti lampu.

Lebih Terang dan Fokus
Ada pendapat yang menyebut bahwa pencahayaan lampu LED motor kadang belum bisa memberikan terang yang maksimal.  Tunggu dulu, perlu diperiksa lagi, Lampu LED macam itu asli atau bukan, Jika motor menggunakan lampu LED asli, sorotan sinar justru lebih terang. 

Cahaya yang dihasilkan bahkan bisa menyorot lebih jauh ke arah jalanan. Penyebabnya adalah adanya arus DC atau direct current yang dihasilkan lampu jadi lebih stabil. Sangat berbeda dengan lampu dengan arus AC yang lebih boros tenaga dan terangnya tergantung putaran mesin. 

Soal fokus, LED jauh lebih baik dibandingkan bohlam. Karena lampu ini akan menyinari dengan lebih fokus dan objek akan tampak realistis. Hal ini jugalah yang menjadikan lampu LED berwarna terang dan netral. 

Hemat Energi 
Daya yang digunakan untuk menyalakan lampu LED tidak terlalu besar sehingga lebih efisien. Sebagai contoh lampu LED hanya perlu 11 - 14 volt saja yang bisa dinyalakan selama 20 ribu jam. 

Berbeda dengan lampu bohlam yang perlu daya sebesar 35 watt untuk menyalakan lampu selama 500 jam. Perbandingan yang sangat jauh jika ingin menghemat daya. 

Satu lagi lampu LED motor langsung memperlihatkan kesan elegan. Tak heran jika semua motor keluaran baru memanfaatkan  jenis lampu LED motor.

Tahan Goncangan
Lampu LED dipercaya juga memiliki ketahanan yang prima  terhadap goncangan. Sebagai komponen dari elektronik solid state, lampu LED lebih tahan jika terjadi guncangan saat berkendara. 

Penempatan lampu ke dalam kap lampu juga sangat praktis karena bentuknya yang kecil. Tidak dibutuhkan ruangan terlalu besar pada motor untuk menempatkan lampu LED. 

RELATED
NEWS