NEWS
DETAILS
Rabu, 05 Oct 2022 09:28 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan…. Lampu utama atau biasa disebut headlamp pada motor merupakan salah satu suku cadang motor yang sangat vital, fungsinya sebagai penerangan jalan di malam hari, juga sangat efektif untuk mengurangi terjadinya kecelakaan di siang hari.

Seiring dengan perkembangan teknologi banyak produsen melahirkan jenis lampu yang disediakan untuk lampu utama pada sepeda motor seperti yang telah ada saat ini adalah lampu pijar tungsten, lampu halogen, lampu HID dan bahkan mulai muncul lampu utama atau headlamp dengan lampu LED.

Tungsten

Saat ini masih terdapat sepeda motor yang diproduksi di Indonesia, masih menggunakan lampu pijar Tungsten dengan kelistrikan AC maupun DC. Dimana memang banyak keunggulan dari jenis lampu ini, penggunaan lampu jenis ini lebih efisien sehingga pengguaan listrik lebih hemat dan akan berpengaruh pula pada biaya perawatannya juga suku cadangnya yang akan lebih murah. Namun, pada sepeda motor dengan kelistrikan AC, lampu jenis ini penerangannya tidak konsisten, pada saat motor berjalan lambat dengan tekanan gas yang rendah maka lampu ini akan ikut meredup menyesuaikan tekanan gas motor sehingga daya penerangan pada jenis lampu inipun belum begitu sempurna dan rawan rusak.

HID

Jenis lampu HID ini biasa dikenal dengan sebutan Lampu Xenon,hal ini dikarenakan lampu ini memakai gas xenon untuk pencahayaannya. kinerja pada lampu ini lebih konsisten menyala dibanding lampu pijar Tungsten dimana HID ini merupakan penyempurnaan dari beberapa jenis lampu yang lain. Lampu ini tentunya mempunyai kelebihan yang baik dibanding lampu-lampu lain, yakni mempunyai daya terang yang baik karena tanpa menggunakan filament. Penerangan tersebut berasal dari gas xenon, dimana tingkat keterangan lampu ini mencapai 2800 dan 3000 lumen dengan memakai daya 35 watt.

 

Halogen

Lampu ini merupakan pengembangan baru dari bohlam pijar Tungsten, dengan pengembangan ini lampu Halogen memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan lampu pijar Tungsten. Fillament lampu Halogen lebih besar dengan tingkat pencahayaan lebih tinggi, penggunaan daya listrik pun cenderung lebih kecil dibanding lampu jenis Tungsten.

LED

Selain jenis lampu yang disebutkan tadi, ada juga jenis lampu baru yakni LED. Lampu jenis ini, kini sudah jadi salah satu suku cadang OEM sepeda motor. Lampu LED ini mempunyai keunggulan yang cukup baik, seperti lebih hemat energy dan ramah lingkungan. Bentuknya sangat kecil dengan tingkat penerangan yang tinggi, namun lampu ini tidak menghasilkan panas berlebih dan juga tahan lama serta tahan oleh goncangan.

RELATED
NEWS