NEWS
DETAILS
Jumat, 21 Oct 2022 19:07 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Selain mesin, penggunaan ban juga biasanya menjadi perhatian penting bagi para pemilik motor. Sebut saja ban tubeless yang diandalkan untuk menjaga kegiatan tetap berjalan lancar.

Namun, kelebihan menggunakan ban tubeless jarang diketahui banyak orang. Mereka masih menganggap bahwa semua ban sama sehingga tidak begitu memperhatikan ban. Nah, biar nggak salah lagi, berikut kelebihan ban tubeless yang perlu Anda ketahui.

Daya tahan lebih kuat

Ban tubeless menjadi lebih kuat karena daya adesif lem power lebih tinggi dibnding daya kohesif karet. Ban ini tidak menggunakan ban dalam, tapi penggunaan lem power tanpa ada bagian tercopot membuat ban ini menjadi lebih kuat. Ban tubeless menggunakan inner yang merekatkan bagian ban dengan velg. Oleh karena itulah, ban dapat menahan tekanan udara dari dalam sehingga tekanan angin pada ban tidak berkurang meski sudah lama.

Lebih tahan bocor

Ban tubeless selayaknya ban biasa yang dapat mengalami kebocoran. Namun, ada perbedaan yang cukup nyata bahwa ban tubeless memiliki ketahanan yang lebih dalam urusan menahan kebocoran. Pemanfaatan partikel yang kuat pada ban tubeless ini menjadikan ban menjadi kuat sehingga meminimalkan kebocoran akibat tertusuk benda-benda tajam. Namun, saat terkena paku atau terjadi kebocoran, ban tubeless masih mampu bertahan sampai menemukan tambal ban terdekat.

Lebih baik dalam bermanuver

Kelebihan lain yang dimiliki ban tubeless yaitu lebih baik dalam bermanuver. Hal ini dikarenakan ban tubeless memilki bentuk yang solid dan stabil sehingga memiliki daya cengkram terhadap jalan yang lebih baik. Dengan kelebihan ini pula ban tubeless banyak digunakan untuk ajang balap.

Cocok untuk kondisi hujan

Dalam kondisi jalan ketika hujan atau basah, ban tubeless tetap bisa menunjukkan performa handal. Memiliki tapak yang lebih lebar, relief grove atau kembangan yang lebih dalam dibanding ban biasa membuat ban tubeless memiliki daya cengkeram yang kuat pada jalan sehingga tidak ban tidak akan mudah selip saat melewati jalanan basah.  

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK