NEWS
DETAILS
Minggu, 30 Jan 2022 12:50 - Honda DAW Community

Tau ga sih alasan dibalik adanya jalur lambat & cepat? Jadi,  tujuannya adalah untuk memperlancar arus lalu lintas sehingga kendaraan dengan laju lebih cepat bisa melintas tanpa terhambat oleh kendaraan yang lebih lambat, karena jalur cepat adalah jalur yang digunakan kendaraan roda empat dengan kecepatan tinggi. Sementara itu, jalur lambat pun dibuat untuk dilalui kendaraan yang melaju lambat seperti sepeda motor.

Lantas mengapa sepeda motor dilarang melintasi jalur cepat? Berikut beberapa alasanya :

  1. Dari sudut pandang keselamatan berkendara, motor memiliki risiko mengalami kecelakaan lebih besar jika masuk jalur cepat bersamaan dengan kendaraan roda empat. Selain itu, dari sisi dimensi sepeda motor jadi kendaraan paling kecil di jalan raya. Pergerakan sepeda motor yang dikendarai dengan zig – zag atau selap – selip semakin menambah risiko terjadinya kecelakaan. Motor bisa tersenggol mobil yang lebih cepat.
  2. Sepeda motor memang bisa melaju kencang lebih dari 80 km/jam. Namun jika sepeda motor mendapat sedikit gangguan seperti hembusan angin, batu kerikil, melaju zig-zag atau selap-selip maka dapat menggangu keseimbangan dan dapat membahayakan pengendara lain.
  3. Sepeda motor jadi kendaraan bermotor paling kecil di jalur cepat, sehingga berpotensi tak teridentifikasi oleh kendaraan lain yang lebih besar seperti bus atau truck yang memilki banyak area blindspot.

Nah, untuk menghindari risiko kecelakaan dan hukuman tilang karena melanggar aturan lalu lintas, tetaplah berkendara sepeda motor di jalur lambat demi keamanan, kenyamanan dan keselamatan bersama.

Tingkatkanlah kemampuan bekendara sepeda motor yang baik, aman dan selamat. Bila perlu ikutiah pelatihan safety riding di AHM SRP, Safety Riding Center Honda dan pelatihan safety riding yang diadakan oleh main dealer Honda.

Selalu ingat untuk pakai safety gear lengkap setiap kali berkendara ya, selalu #Cari_Aman di jalan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK