NEWS
DETAILS
Kamis, 30 Jun 2022 22:03 - Honda DAW Community

Yang namanya perlengkapan keselamatan berkendara  dalam bersepeda motor mutlak diperlukan. Jangan ngaku bikers sejati kalau BroSis masih tidak menggunakan riding gear.

Perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu, celana panjang dan masker sangat diperlukan untuk keselamatan berkendara.

Dan kalau bicara soal helmet atau helm, seperti diketahui, helm berfungsi untuk melindungi organ tubuh yang sangat vital yaitu bagian kepala apabila terjadi kecelakaan. Dengan adanya pengguna helm bia mengurangi resiko dari terjadinya kecelakan.

Berikut ini adalah jenis-jnis helm berdasarkan fungsinya yng perlu BroSis ketahui:

1. Helm Full Face

Helm jenis ini merupakan salah satu helm yang paling aman digunakan, karena helm ini benar-benar melindungi bagian otak belakang, rahang, dan bagian wajah kita apabila terjadi kecelakaan.

Biasanya helm full face ini dipakai oleh para pembalap motor dan juga bikers yang hobi melakukan perjalanan touring dengan jarak tempuh yang jauh.

“Namun tidak ada salahnya digunakan di dalam kota karena helm full face aman untuk meminimalisir risiko ketika mengalami kecelakaan,” kata Ludhy.

2. Helm Open Face

Helm jenis ini juga termasuk helm yang aman karena dapat melindungi otak bagian belakang dan rahang.

Helm open face biasanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari saat mengendarai sepeda motor atau dalam mobilitas jarak yang pendek.

3. Helm Offroad

Helm ini keamanannya sama seperti menggunakan helm full face, namun peruntukannya adalah digunakan ketika akan masuk ke jalur offroad.

Terlebih helm ini biasanya digunakan saat mengendarai motor trail untuk balapan motocross atau kegiatan adventure.

Helm jenis offroad memberikan proteksi lebih, bukan hanya sekedar untuk melindungi bagian kepala saja.

Namun juga bagian dagu yang dimaksudkan untuk melindungi pengendara dari kemungkinan cedera akibat kecelakaan ekstrem di jalur offroad.

Sementara bagian topi helm berfungsi untuk menahan cipratan tanah dari ban belakang motor pengendara offroad lainnya.

Selain itu juga berfungsi untuk melindungi bagian mata dari sinar matahari agar tidak silau.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK