NEWS
DETAILS
Senin, 28 Jan 2019 07:10 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Siapa sih yang tidak ingin melihat motor kesayangannya selalu kinclong???? Karena kalau kondisi sepeda motor kita kotor dan kusam tentu membuat menjadi kurang enak dipandang dan bisa jadi mencerminkan penggunanya.

Merawat dan menjaga sepeda motor kesayangan itu bukan hanya soal menjaga kinerja mesinnya juga, melainkan juga merawat estetika penampilan motor seperti warna catnya. Jangan sampai hanya sekedar bisa membeli dan memakai, tapi juga harus pintar merawat agar kualitasnya tetap terjaga selamanya.

Ini dia 6 penyebab warna cat motor menjadi cepat rusak yang harus kawan-kawan hindari agar motor kawan-kawan tetap kinclong.

  • Panas Terik Matahari

Kejadian ini biasa terjadi dari penempatan parkir motor ditempat yang terbuka. Panas dari sinar matahari sangat berpengaruh pada pudarnya warna cat motor, apalagi parkirnya berlangsung lama sampai berjam-jam. Radiasi sinar ultraviolet (UV) yang ada di terik matahari mampu mendekonstruksi lapisan cat, yang mengakibatkan warna cat motor menjadi kusam, pudar, atau menguning.

Debu Yang Menempel

Debu yang terlalu lama melekat di bodi akan membuat daya kilap plastic semakin berkurang. Jangan anggan sepele, debu yang menebal di bodi motor dapat berakibat bodi motor cepat baret-baret. Partikel halus pengganggu yang hampir selalu hinggap di motor ini juga bisa membuat keindahan warna motor kita terganggu.

Terkena Air Hujan

Untuk daerah perkotaan, polusi udara bikin kondisi air hujan jadi makin asam yang akan berpengaruh ke warna cat motor. Air hujan mengandung zat asam nitrat (HNO3) yang dapat merusak lapisan pengkilap cat motor. Terlebih lagi zat ini dapat mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti  pada mesin dan sasis.

Cipratan & Tumpahan Minyak

Anda harus berhati-hati dengan yang namanya minyak rem. Cairan ini memang penting fungsinya dalam fungsi pengereman. Namun minyak rem adalah salah satu musuh cat yang dimana pada saat lagi di bengkel dan tak sengaja ada cipratan minyak rem di bodi motor yang dapat meresap kedalam lapisan cat. Selain minyak rem, bahan bakar minyak dapat mempengaruhi cat motor. BBM ini biasa terjadi pada saat pengisian bensin.

Proses Cuci Motor

Rusaknya cat motor biasanya diakibatkan karena proses pencucian yang kurang baik, misalnya menggunakan sabun colek atau deterjen untuk mencuci motor. Padahal, baik sabun colek maupun deterjen memiliki kandungan zat kimia keras yang bisa merusak kualitas dan mengikis cat motor.

Proses Pengeringan Kurang Tepat

Proses pengeringan juga menjadi faktor berkurangnya kualitas cat pada motor. Pengeringan yang kurang sempurna seperti bercak air yang tertinggal pada bodi motor, dapat membuat munculnya noda air atau jamur yang nantinya sulit dihilangkan.

RELATED
NEWS