NEWS
DETAILS
Jumat, 07 Jun 2019 15:02 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Postur berkendara adalah hal yang sangat penting diperhatikan saat berkendara, karena hasil segala bentuk aktivitas berkendara (Pengereman, berbelok, manuver, dan sebagainya) sangat dipengaruhi oleh posisi letak anggota tubuh yang tepat saat berkendara sekaligus berfungsi menjaga keseimbangan dan kenyamanan pengendara selama melakukan perjalanan.

Dampak dari posisi letak anggota tubuh yang salah dapat menimbulkan resiko kecelakaan menjadi lebih besar ataupun cedera yang terjadi saat kecelakaan terhadap si pengendara menjadi lebih serius. Untuk itu, penting sekali memastikan posisi letak anggota tubuh (Postur Berkendara) selalu konsisten di tempat yang tepat & nyaman saat berkendara.

Seperti kita ketahui, ada 7 (tujuh) riding posture yang mesti diperhatikan saat berkendara, yaitu : Mata, Pundak, Siku, Tangan, Pinggul, Lutut, dan Kaki

Masing-masing memiliki fungsi sendiri. Hal tersebut dijelaskan sebagai berikut:

  • Mata, fungsinya untuk melihat. “Pandangan mesti jauh agar jarak pandang lebih luas juga memudahkan dalam antisipasi jika ada obyek lainnya yang mengganggu”
  • Pundak, santai dan rileks.
  • Siku, sedikit menekuk.
  • Tangan, menggengam bagian grip kemudi dimana Anda dapat dengan mudah mengendalikan seluruh instrumen dan pengoperasian komponen sepeda motor.
  • Pinggul, Duduklah dengan posisi yang nyaman sehingga dengan mudah dapat mengoperasikan dan mengendalikan sepeda motor
  • Lutut, sejajar dengan leg shield atau idealnya sedikit menjepit tangki untuk sepeda motor type sport sekaligus memudahkan pengendalian kita saat berbelok ( cornering ).
  • Kaki, letakkan bagian tengah telapak kaki pada sandaran kaki, serta jari kaki mengahadap ke depan lalu ibu jari kaki secara ringan berada diatas pedal rem maupun pedal pemindah posisi persneling “pijakan rem dan perseneling harus tegak lurus dengan kaki” Ini untuk antisipasi, ketika terjadi pengereman mendadak. Dengan begitu pengendara bisa langsung injak tuas.
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK