NEWS
DETAILS
Kamis, 04 Jun 2020 06:42 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Sebenarnya merawat busi bukanlah hal yang berat. Kawan-kawan sendiri pun bisa melakukannya saat #DirumahAja, dengan hanya modal kunci busi dan perlengkapan tambahan. Waktu untuk melakukannya pun singkat, hanya beberapa menit saja, bahkan kadang kurang dari 5 menit.

Kapan busi dibersihkan?
Sebenarnya busi harus segera dibersihkan ketika bagian kepalanya sudah hitam dan dipenuhi dengan arang sisa-sisa pembakaran. Saat kepala busi sudah menghitam, elektroda busi akan sulit mengalirkan listrik hingga membuat motor brosis sulit dihidupkan.

Nah jika kawan-kawan bingung kapan waktu terbaik mengganti busi, membersihkan busi bisa dilakukan setiap motor menepuh jarak 4000 km. Sebagai catatan, sebaiknya jangan merendam busi di dalam bensin. Karna cara ini bisa mengikis elektroda pada busi, dan membuatnya cepat rusak. Caranya bukan direndam, tapi disiram saja agar sisa karbon pembakaran mudah dibersihkan.

Selain itu, hindari membersihkan busi dengan meng-amplas bagian elektrodanya, atau memajukan dan memundurkan bagian kepala busi untuk mendapatkan api yang lebih besar. Cara ini justru akan membuat usia pakai busi lebih singkat (cepat mati). Jika ternyata busi yang digunakan sudah mati, sebaiknya ganti dengan Honda Genuine Part yang sesuai rekomendasi dari Honda. Brosis bisa dapetin di AHASS terdekat.

RELATED
NEWS