NEWS
DETAILS
Senin, 25 Jan 2021 16:15 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Berkendara sepeda motor, selain wajib menggunakan perlengkapan berkendara seperti Helm, Jaket, Sarung Tangan, dan Masker untuk selalu #Cari_Aman. Pengendara sepeda motor juga wajib memperhatikan kondisi sepeda motor sebelum berkendara apalagi jika akan berkendara jarak jauh.

Bagian sepeda motor yang wajib diperhatikan salah satunya adalah Ban yang merupakan peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban adalah bagian penting karena berfungsi untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan dan lainnya.

“Adanya permasalahan pada ban sepeda motor akan menimbulkan potensi bahaya baik bagi diri sendiri maupun orang lain," Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head, PT Daya Adicipta Motora.

Hal tersebut disebabkan karena beberapa hal, diantaranya kurang tekanan angin yang tidak sesuai, usia pakai ban, hingga kondisi ban yang sudah aus sehingga menjadi sulit mengontrol kemudi stang saat berkendara. Pertama periksa tekanan angin, tekanan angin yang kurang dapat menyebabkan adanya gesekan yang tinggi sehingga ban cepat panas dan mengakibatkan ban cepat robek.

Selanjutnya, ban sepeda motor terbuat dari bahan karet yang elastis. Sebaiknya, jika usia sudah mencapai 4 tahun atau pemakaian diatas 40.000 km segera ganti ban dengan yang baru. Terakhir, ban yang sudah aus atau tipis akan menyebabkan kehilangan daya traksi dan mudah tergelincir saat berkendara.

“Pemilik sepeda motor wajib mengetahui kelayakan ban sepeda motor yang masih bisa digunakan dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban sepeda motor,” ujar Ludhy.

Setiap ban sepeda motor diberi indikasi Tread Wear Indicator (TWI) yang merupakan tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai, jika kembang ban sudah menyentuh tanda segitiga TWI maka sangat disarankan untuk segera diganti.

Pastikan ban yang kita gunakan selalu dalam keadaan yang layak pakai, jika keadaan ban sudah tidak layak digunakan sebaiknya segera mengganti ban dengan yang baru. Bagi pengguna sepeda motor Honda, penggantian ban bisa dilakukan di bengkel resmi Honda atau AHASS terdekat untuk selalu #Cari_Aman saat berkendara.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK