NEWS
DETAILS
Senin, 11 Oct 2021 19:24 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Sunmori atau sunday morning ride menggunakan Honda PCX menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang dilakukan bersama sesama biker. Namun, akan sangat menyebalkan jika sesuatu terjadi pada ban sepeda motor sobat. Misalnya ban kempis.

Agar kenyamanan berkendara tetap terjaga, hendaknya tekanan angin ban juga harus dijaga.

Ukuran tekanan angin ban yang ideal bisa dilihat pada sticker yang tertempel di bodi motor.

Standarnya, ukuran tekanan angin ban depan berkisar antara 28-30 psi. Sementara tekanan angin ban belakang, berkisar antara 30-32 psi.

Sebaiknya, tekanan angin ban tidak melebihi atau kurang dari ukuran idealnya. Pasalnya, dampak dari kelebihan atau kekurangan tekanan angin ban juga cukup besar dan cukup fatal.

Selain berpengaruh pada kenyamanan berkendara, tapi juga berpengaruh pada keamanan, keselamatan, dan konsumsi bahan bakar.

Jika tekanan angin berlebihan, maka efek yang ditimbulkan adalah ban menjadi keras. Handling pun menjadi tidak nyaman. Selain itu, usia pakai ban akan menurun, karena kompon ban akan lebih cepat habis.

Sementara jika tekanan angin ban kurang atau kempis, tarikan motor akan terasa berat. Dengan begitu, mesin akan bekerja lebih keras dan konsumsi bahan bakar lebih boros.

Saat menghantam jalan berlubang, pelek juga beresiko menjadi peyang atau bahkan pecah.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK