NEWS
DETAILS
Senin, 11 Jul 2022 07:47 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Salah satu komponen dalam sepeda motor matik kita adalah roller dimana umur roller motor matik biasanya berkisar 25.000-27.000 kilometer. Setelah motor melalui jarak tersebut, roller umumnya harus diganti karena penyok atau rusak. Namun, kawan-kawan tidak perlu menunggunya rusak untuk mengganti komponen di CVT yang satu ini.

Soalnya kalau sudah terlanjur rusak dan tidak cepat-cepat diganti, kerusakan bisa merembet ke bagian lainnya. Oleh karena itu, pastikan roller pada motor matic kesayangan kawan-kawan tetap berfungsi optimal.

Selain memperhatikan kondisi roller itu sendiri, kawan-kawan dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini pada komponen lainnya agar roller bisa awet.

Memeriksa keadaan v-belt

Fungsi roller tidak berdiri sendiri, tapi didukung oleh komponen lain. Salah satunya adalah v-belt. Roller akan bekerja dengan optimal apabila mekanik menggantinya bersamaan dengan v-belt. Baisanya, v-belt harus diganti dengan yang baru setelah motor menempuh jarak sekitar 10.000 kilometer. Namun jika sebelum jarak tempuh tersebut ternyata v-belt telah menjadi lebih tipis atau kelihatan retak di bagian ruasnya, maka komponen tersebut harus diganti.

V-belt juga menjadi komponen penting di CVT untuk menggerakkan motor matik. Jadi, kawan-kawan harus selalu memperhatikannya dan jangan sampai putus akibat termakan usia.

Mengganti oli transmisi dengan teratur

Roller motor matic akan bekerja dengan optimal apabila kawan-kawan rutin mengganti oli transmisi motor kesayangan. Apalagi ternyata, usia komponen-komponen CVT termasuk roller, dipengaruhi pelumas yang satu ini.

Mengganti kampas kopling sebelum aus

Cara berikutnya untuk merawat roller adalah dengan mengganti kampas kopling sebelum tipis. Sebab, jika kawan-kawan baru menggantinya ketika kampas sudah tipis maupun aus, motor keburu ngeden dan bahkan berisiko slip ketika digunakan berkendara. Akibatnya, penggunaan bahan bakar jadi boros dan menimbulkan risiko kecelakaan.

Ternyata, menjaga roller motor agar awet terus, harus dilakukan juga dengan merawat teman-temannya!

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK