NEWS
DETAILS
Selasa, 08 Nov 2022 15:39 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Knalpot bertugas membuang sisa hasil pembakaran di dalam silinder berupa asap yang suhunya cukup panas. Pipa knalpot menjulur dari silinder mesin sampai ujung bawah belakang motor.

Tak heran jika pipa knalpot cepat berubah warna karena panas dan cepat kotor karena cipratan kotoran dari jalan. Apalagi saat musim hujan, knalpot lebih cepat kotor.

Sebenarnya hal ini bisa saja dicegah. Tapi sobat harus merawat motor dengan  sepenuh hati dan konsisten. Caranya cukup sederhana, sobat harus rajin membersihkannya.

Siram atau bilas knalpot motor setelah terkena air hujan. Pasalnya, air hujan mengandung kadar asam yang mampu merusak besi dalam jangka waktu panjang apabila tidak lekas dibilas. Jangan lupa juga untuk mengelapnya hingga kering.

Pastikan bagian drainase atau pembuangan pada knalpot tidak buntu. Drainase knalpot yang buntu dapat menampung air di dalam knalpot yang selanjutnya bisa menyebabkan korosi. Biasanya, letaknya berada di bagian bawah ujung silencer yang dekat dengan pipa leher knalpot.

Jika knalpot sudah terlanjur menguning, sobat bisa mengatasinya dengan mengoleskan oli secara berkala. Selain oli, sobat juga bisa menggunakan cairan pembersih porselen.

Namun harap berhati-hati, jangan sampai cairan tersebut terkena bagian body motor atau peleknya.

RELATED
NEWS