NEWS
DETAILS

Balapan terakhir FIM JuniorGP digelar di Ricardo Tormo Circuit, Valencia, Minggu (5/11/2023). Setelah sesi kualifikasi pada Sabtu (4/11/2023), race direction memberikan sanksi untuk Fadillah Arbi Aditama untuk balapan pertama berupa start dari posisi kedua dari belakang dan harus menjalani dua kali long lap penalty. Pebalap Astra Honda tersebut menjalani hukuman penalti dan bisa finis di posisi ke-13. Pada balapan kedua, dia bersaing dengan pebalap di grup depan, namun petaka muncul ketika ia terjatuh saat berada di posisi ke-10.

Pada Minggu pukul 17:00 WIB, balapan pertama JuniorGP dimulai. Arbi memulai balapan dari posisi ke-28, karena terkena penalti akibat melambat saat sesi latihan di hari Sabtu. Dia juga harus menjalani dua long lap penalty. Ketika Arbi sedang menjalani penalti, pebalap lain terjatuh dan dia kembali mendapatkan tambahan satu long lap penalty. Meski begitu, Arbi bisa mempertahankan kecepatan dan melewati garis finis di urutan ke-13.

Balapan kedua, yang merupakan race tarakhir musim ini, digelar pada sore hari waktu setempat. Kali ini, pebalap kelahiran Purworejo, Jawa Tengah tersebut melakukan start dari posisi yang didapat saat kualifikasi, yaitu ke-18. Sejak start, Arbi bisa bertahan dengan grup depan hingga lap-lap terakhir, ketika dia mulai tertinggal dari grup depan. Namun, dia masih bisa bertahan di posisi ke-10. Sayangnya, pada lap terakhir, dia terjatuh dan gagal finis.

Berakhirnya balapan ini juga menandai selesainya persaingan FIM JuniorGP 2023. Arbi menutup musim dengan berada di urutan ke-17 hasil raihan 39 poin, serta mencatat satu kemenangan. Hasil ini lebih baik dibandingkan pencapaiannya tahun lalu.

RELATED
NEWS