NEWS
DETAILS
Senin, 24 Apr 2017 10:08 - Koentoel Soerobojo

Asaalaum'alaikum wr wb

Ada topik menarik nih yang akan mimin ulas. Beberapa waktu lalu ada perdebatan yang cukup menggugah mimin untuk mengulas berita dan menarik untuk dipebincangkan yaitu mengenai pilih mana silinder blok allumunium alloy atau silinder blok iron cast??? Silinder blok merupakan komponen mesin yang didalamnya terdapat piston/seher/zuigher/torak serta komponenyang mendukung piston, menggambarkan kapasitas mesin yang mampu menghasilkan tenaga/power untuk menjalankan kendaraan. Menurut Irvan Zulkarnain dalam artikelnya,"Cylinder blocks atau yang juga dikenal dengan engine blocks adalah struktur utama dari mesin yang menjadi tempat untuk silinder mesin, bagian untuk pendingin, pembuangan, menyalurkan gas dalam mesin, dan sebagai host bagi crankcase dan cam shafts. Engine block adalah ‘rumah’ utama bagi ratusan komponen dari mesin modern."

Fungsi Utama dari silinder blok  :

 

  • Sebagai kedudukan silinder dan Kepala Silinder ( Cylinder Head )
  • Sebagai rumah mekanisme engkol (poros engkol, connecting rod, piston dll)
  • Tempat terjadinya proses langkah langkah pembakaran
  • Didalamnya terdapat silinder yang berfungsi sebagai tempat piston naik turun untuk   menghasilkan langkah usaha.

Sifat-Sifat yang di Butuhkan Blok silinder

 

  • Kaku, pembebanan tekan tidak boleh mengakibatkan perubahan elatisitas pada bentuknya.
  • Ringan dan kuat
  • Konstruksi blok dan silinder harus memperoleh pendinginan yang merata
  • memiliki sifat luncur yang baik, sehingga tahan aus
  • Tidak mudah berubah bentuk.

Ada Macam - Macam bahan dari silinder blok yang terpasang pada mesin di seluruh dunia. Ada yang terbuat dari Allumunium Alloys, Grey Cast Iron Alloys, Compacted Graphite Cast Iron. Berikut Penjelasan dari masing - masing bahan:

  • Grey cast iron Alloys

adalah material pertama dan paling banyak digunakan dalam pembuatan engine blocks.Meskipun aluminum alloy juga memiliki banyak persamaan dan lebih ringan daripada gray cast iron, material ini tetap digunakan dalam pembuatan engine blocks pada mesin diesel karena ketahanan stress internalnya lebih tinggi.Grey cast iron mengandung 2.5% – 4 % karbon, 1-3% silicon, 0,2 – 1% mangan, 0,02 – 0,25% sulfur, dan 0,02-1% fosfor. Material ini memiliki penyerapan getar yang sangat baik, bagitu pula dengan ketahanan pakai dan ketahanan termalnya, serta mudah dalam pemrosesan dan harganya yang cukup murah karena ketersediaan yang melimpah.

  • Aluminum Alloys

Aluminum alloy sangat popular digunakan karena massanya yang ringan, hal ini membuat massa mesin juga berkurang secara signifikan. Tetapi, kelemahan utamanya adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan grey cast iron. Aluminum alloys memiliki machinability yang lebih baik daripada gray cast iron. Terdapat dua jenis aluminum alloys yang biasa digunakan dalam produksi engine blocks, yaitu 319 dan A356.

Aluminum alloy 319 mengandung 85,8 – 91,5 % aluminum, 5,5 – 6,5 % silicon, 3 – 4%  copper, 0,35% nikel, 0.25% titanium, 0,5% mangan, 1% iron, 0,2% magnesium, dan 1% zinc. Campuran logam ini baik untuk proses casting, tahan korosi, dan memiliki konduktivitas termal yang baik. Di bawah proses heat treatment T5, diperoleh kekuatan dan kekakuan yang tinggi untuk engine block.

Alumunium alloy A356 mengandung 91.1 - 93.3 % aluminum, 6.5 - 7.5 % silicon, 0.25 - 0.45 % magnesium, 0.2% copper, 0.2% of titanium, 0.2% iron, and 0.1% zinc. Meskipun memiliki sifat mekanis yang sama dengan 319, jika A356 berada dalam heat treatment T6 akan diperoleh kekuatan yang lebih tinggi daripada 319. Tetapi modulus elastisitasnya (72.4 GPa) lebih rendah dibandingkan dengan 319 (74 GPa).

 

  • Compacted Graphite Cast Iron

            Compacted graphite cast iron memiliki tensile strength dan modulus elastisitas yang lebih tinggi daripada gray cast iron. Hal ini karena compact graphite yang ditemukan dalam mikrostruktur dari CGI. Material ini memiliki tingkat penyerapan getaran yang sebaik gray cast iron namun machinability-nya rendah.

Nah itu tadi ulasan dari bahan penyusun Silinder Blok yang terpasang pada mesin pada umumnya. Namun apapun pilihan kita untuk mengaplikasikan silinder blok yang terbuat dari bahan - bahan diatas, itu merupakan kebutuhan dari masing - masing tunner atau owner mesin untuk mencapai performa mesin yang diinginkan. Karena dibalik sisi lain dari masing - masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing.

Wassalamu'alaikum wr wb

Source:

Artikel By Irvan Zulkarnain

RELATED
NEWS