NEWS
DETAILS
Kamis, 31 May 2018 21:11 - Koentoel Soerobojo

Assalamu'alaikum wr wb


Edisi kali ini mimin mo melanjutkan edisi di Bulan Februari waktu lalu mengenai Sejarah Pengapian Platina Honda C70. Biar bersinergi dan membentuk satu kesatuan topik terdahulu dengan yang akan mimin ulas di edisi kali ini.

Di edisi waktu lalu telah mimin ulas mengenai komponen-komponen sistem pengapian platina Honda C70, sekilas sama ya gaes namun perlu dipahami bahwa yang menjadi pembeda antara sistem pengapian platina dengan sistem pengapian CDI yakni di pemutus arus sumber daya yang digunakan pada rangkaian sistem pengapian. Pada sistem pengapian platina terdapat contact point yang berfungsi sebagai pemutus tegangan pengapian ketika cam/nok menyentuh rubbing block, sehingga tegangan yabg tersimpan di dalam kondensor bisa mengalir pada kumparan sekunder koil pengapian  dan terpercik bunga api pada busi.  Sedangkan pada sistem pengapian CDI, tegangan pengapian yang tersimpan pada capasitor akan keluar pada kumparan sekunder koil pengapian jika mendapat sinyal triger dari ignition pulse/pulser sehingga tegangan pengapian bisa keluar.

Nah sekarang sudah tahu kan bedanya gaes. Sekarang akan mimin lanjut pada pokok bahasan yakni sistem kerja pada rangkaian sistem pengapian platina Honda C70. Ada 2 sistem kerja pada rangkaian sistem pengapian platina yakni:
1. Sistem rangkaian tertutup
2. Sistem rangkaian terbuka
Simak gambar rangkaian berikut:

Gambar rangkaian tertutup 

Gambar Rangkaian terbuka 

To be continued

Sekian

Wassalamu'alaikum wr wb

RELATED
NEWS