NEWS
DETAILS
Sabtu, 10 Jul 2021 13:00 - Ikatan Motor Honda Makassar

Berkendara dengan menggunakan sepeda motor saat ini sudah menjadi kehidupan sehari-hari sebagian besar masyarakat Indonesia. Sepeda motor merupakan alat transportasi yang cukup digemari karena lebih cepat mengatasi kemacetan, sepeda motor juga memiliki harga yang lebih murah daripada alat transportasi lainnya seperti mobil.

Namun, meskipun menggunakan sepeda motor, Brosis tetap perlu mengurangi pengeluaran yang yaitu dengan menghemat bensin. Menghemat bensin juga bukan berarti mengurangi pemakaian sepeda motor tapi menghindari perilaku berkndara yang bikin boros.

Lantas bagaimana cara menghemat BBM agar tidak boros ? simak tipsnya menghemat BBM dari Asmo Sulsel ya Brosis.

  1. Berkendaralah sewajarnya

Kebut-kebutan dijalan seolah menjadi kebanggan tersendiri bagi beberapa orang karena sudah merasa seperti pembalap yang beraksi disirkuit, padahal tanpa mereka sadari ada bahaya besar yang mengikuti, apalagi kalau bukan kecelakaan lalu lintas.

Gaya berkendara yang seperti ini juga mengakibatkan motor jadi lebih boro dibandingkan dengan penggunaan yang biasanya. Cara berkendara yang tepat untuk menghemat bensin Brosis adalah dengan berkendara dengan kecepatan yang santai namun konsisten, jangan asal main bejek gas Brosis.

  1. Periksa Tekanan Angin Ban

Ternyata tekanan angin ban juga memiliki pengaruh Brosis. Kok bisa ? tekanan angin yang sedikit dan membuat ban menjadi lebih lunak akan mengakibatkan tarikan motor terasa lebih berat dari biasanya. Untuk itu, sebelum berkendara pastikan tekanan banmu berada dalam tekanan normal Brosis.

  1. Cek Kualitas Busi

Kondisi busi yang tidak layak bisa menjadi penyebab proses pembakaran bensin yang tidak maksimal, akibatnya jumlah bahan bakar yang digunakan semakin banyak pula.

Selain itu, kondisi busi yang tidak normal bisa membuat mesin moto kamu lebih cepat rusak juga, jadi selalu pastikan Brosis mengecek kondisi busi secara rutin.

  1. Perhatikan Kualitas Oli Yang Digunakan

Pemilihan oli yang salah dapat berdampak buruk terhadap mesin motor Brosis, seperti terjadi gesekan dalam mesin yang terlalu sering. Gesekan mesin yang semakin sering ini akan membutuhkan banyak tenaga untuk menggerakkannya. Hal ini akan berakibat pada semakin banyak jumlah bahan bakar yang digunakan.

  1. Lakukan Service Secara Rutin

Hal terakhir yang sangat penting dan perlu Brosis perhatikan adalah melakukan service secara berkala pada sepeda motor. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi mesin dan performa motor Brosis. Kondisi filter dan karburator yang kotor juga bisa menjadi salah satu alasan motor Brosis selama ini menghabiskan banyak bahan bakar.

Nah, itu tadi tips #Cari_aman menghemat bahan bakar ala asmo yang bisa Brosis terapkan dalam menggukan sepeda motor agar uang bensisn tidak menggelembung. Jangan lupa gunakan bahan bakar secara bijak, ya. Dengan kamu menghemat bahan bakar dan merawat sepeda motormu, kamu juga turut serta merawat lingkunganmu dari polusi udara yang berlebihan.

RELATED
NEWS