NEWS
DETAILS
Rabu, 17 Nov 2021 14:21 - Ikatan Motor Honda Makassar

Saat ini Indonesia sedang dilanda musim hujan, mau atau tidak kita diharuskan berkendara extra hati-hati dari biasanya karena beberap tambahan halang rintang, yang pertama jalan yang licin akibat hujan, yang kedua jarak pandang yang lebih pendek daripada musim kemaru dan yang ketiga suhu udara yang lebih rendah bisa lebih cepat menghilangkn konsentrasi ketika berkendara.

Bukan hanya cara berkendara yang berubah, tetapi juga perlengkapan berkendara ketika hujanpun ikut bertambah. Ya… betul, apalagi kalau bukan jas hujan. Pelindung yang paling tepat ketika sedang berkendara dimusim hujan. 

Namun pemilihan jas hujan untuk riding juga tidak sembarangan, ada beberapa point yang pelu diperhatikan untuk menjaga kita tetep aman selama berkendara ketika hujan. Bro Den Rahmat dari HVIC Makassar membagikan tips bagaimana dia memilah dan memilh jas hujan mana yang cocok dan aman untuk teman teman bikers.

Yang pertama, menurut Den Rahmat pastikan memilih jas hujan yang ada baju dan celana ang terpisah, kenapa ? untuk memastkan tidak ada bagian dari jas hujan yang bisa mencelakakan penggunanya sendiri seperti terselip kerantai motor atau masuk kedalam putaran roda.

Yang kedua, pilihlah jas hujan yang berwarna terang. Kenapa ? karena warna terang akan memudahkan pengendara lain untuk mengetahui keberadaan kita dijalan. Sehingga apabila kita ingin bermanufer bisa langsung diantispasi oleh pengendara disekitar kita.

Yang ketiga, pilihlah jas hujan yang berbahan bahan PVC (Polymer of Vinyl Chloride) karena PVC memiliki kandungan plastik yang lebih kuat dan memiliki karakteristik yang terkenal ringan, tidak terlalu tebal dan sejuk digunakan

Terakhir, Bro Den Rahmat menyampaikan “dimusim penghujan teman-teman bikers tidak boleh menyepelekan jas hujan, karena tanpa benda itu pasti kita akan berhenti berteduh ketika hujan, artinya ada waktu yang kita buang selama kita berteduh itu, akhirnya kita kalap dijalan, bawa motor dengan high speed padahal jalanan basah. Kemungkinan kecelakaanpun semakin besar”

RELATED
NEWS