NEWS
DETAILS
Kamis, 10 Feb 2022 12:53 - Ikatan Motor Honda Makassar

Asmo Sulsel – Peningkatan jumlah motor pada tahun 2019 hingga sekarang semakin beragam, mulai dari motor ber CC kecil seperti Honda Genio 110 CC hingga CB500X yang berkapasitas 500CC.

Meskipun sudah banyak namun masih banyak Brosis yang salah kaprah mengenai cara perawatan motor yang menggunakan cat doff. Karena harus di ingat Brosis cat doff punya karakter lbih kasar, beda engan cat metallic yang punya detail cenderung mengkilap.

Masih banyak yang sering memoles body motor warna doff layaknya cat metalik. Padahal  karakter cat doff bereda, sehingga hasil akhirnya akan berubah dari doff menjadi glossy (mengkilap). Selain itu, warna doff juga bisa terlihat memudar dan kusam jika sering terjemur dibawah sinar matahari.

Merawat body motor engan doff memang perlu dilakukan dengan hati-hati dan perlu leratian lebih. Berikut ini Asmo Sulsel memberikan tips perawatn body motor dengan cat doff agar warna motor Brosis tetap terawat seperti baru.

  1. Untuk mencuci motor dengan cat doff, hindari penggunaan sabun yang mengandung detergen. Karena, sabun jenis ini memiliki sifat asam yang bisa membuat cat dua ali lebih cepat memudar dibandingkan motor dengan cat glossy. Karena umumnya cat doff tidak dilapisi zat vernis sehingga gampang memudar. Sebaiknya gunakan sabun khusus kendaraan yang memiliki pH netral.
  2. Penggunaan alat pembersih juga perlu diperhatikan. Gunakan kain microfiber dan spons yang lebih lembut saat mencuci agar tidak menimbulkan baret di bodi motor, jika terjadi baret akbat bergesekan dengan kotoran yang keras, cat motor doff justru akan terlihat mengkilap
  3. Hindari mencuci motor dibawah sinar matahari langsung agar warna cat doff tidak memudar
  4. Bila ada noda dipermukaan cat, bisa dibersihkan memakain  waterspot remover
  5. Jika bodi motor mengalami baret jangan dipoles seperti cat glossy, solusinya adalah dengan pengecatan ulang atau mengganti panel bodi. Pengecetan pun tidak hanya dilakukan didaerah baret saja melainkan secara kesulurhan pada panel agar warna tidak terlihat perbedaan warna
  6. Sementara untuk baret halus, pemolesan bisa dilakukan. Namun hindari penggunaan cairan poles dengan bahan dasar minyak karena dapat membuat cat doff jadi mengkilap. Sebaiknya gunakan cairan poles dengan bahan dasar air (water base)
RELATED
NEWS