NEWS
DETAILS
Selasa, 24 May 2022 09:00 - Ikatan Motor Honda Makassar

Asmo Sulsel - Sepeda motor dengan kapasitas mesin 400cc keatas memiliki bobot yang jauh lebih berat dibanding motor yang berkapasitas 150cc. Jika salah teknik dalam mendirikan motor bisa berakibat cedera pada otot punggung.

Kesalahan umum ketika mendirikan motor besar atau big bike pada umumnya akan mengandalkan otot tangan dan otot punggung, efek sampingnya ketika dipaksakan berdiri kadang otot akan tertarik dan mengakibatkan cedera pada otot punggung.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pengendara bike bike ketika akan mendirikan motor adalah tetap tenang, lalu memastikan kunci kontak dalam keadaan off. Jika sepeda motor terjatuh ke sebelah kanan pengendara, turunkan dahulu side stand sebagai tumpuan ketika akan mendirikan motor lalu masukkan gigi satu untuk mencegah motor tidak bergerak. 

Saat mendirikan motor, bagian punggung bawah menempel ke jok pengendara dalam posisi jongkok. Bila punggung bawah sudah rapat ke jok, pastikan tangan kiri memegang handle bar dan tangan kanan mencari sisi jok belakang yang kuat serta kedua siku tangan ditekuk kurang lebih sekitar 160 derajat dan mata memandang lurus kedepan. 

Lalu dirikan motor perlahan, kekuatan saat mendirikan sepeda motor harus dirasakan dari kedua otot paha. Menjelang 90 derajat motor mulai berdiri, titik 90 derajat motor direbahkan ke sisi kiri, posisi kita sebagai pengangkat langsung berbalik memegang motor dan melepaskan motor secara bertahap supaya motor bertumpu dengan side stand, lalu tekuk handle bar ke arah gravitasi.

Cara diatas dapat mendirikan motor besar atau big bike dengan lebih efisien dan Brosis bisa terhindar dari cedera otot punggung. Mengingat bobot motor besar lebih dari rata-rata bobot motor 150cc pada umumnya.

RELATED
NEWS