NEWS
DETAILS
Senin, 10 Oct 2022 10:19 - Ikatan Motor Honda Makassar

Makassar - Demi alasan keamanan, kebanyakan pemilik sepeda motor memasang proteksi tambahan yang berguna untuk lebih melindungi kendaraan agar tak mudah dicuri. Cara yang dilakukan beragam, ada yang memasang alarm, memberikan kunci pengaman tambahan, sampai yang paling mudah dan sering ditemui menyematkan gembok pada lubang piringan cakram (disc brake). Namun, apakah benar lubang pada piringan cakram tersebut disediakan sebagai lokasi untuk menyematkan gembok pengaman? Atau memang ada alasan tersendiri kenapa pada piringan cakram terdapat lubang-lubang tersebut.

Lubang lubang tersebut memiliki fungsi untuk melepaskan energi panas dari sistem pengereman akibat adanya gesekan dari kampas dan piringan cakram ketika mengerem. Selain untuk melepas panas, biasanya antara jenis motor satu dengan yang lain memiliki perbedaan jumlah lubang pada piringan cakram, hal ini dimaksudkan untuk mengimbangi besaran dari tenaga yang diproduksi mesin dan kebutuhan daya remnya.

Sedangkan pemasangan gembok pada cakram sendiri sebenarnya tidak disarankan Brosis, apalagi untuk motor yang sudah mengadopsi sistem pengereman anti-lock breaking system (ABS), mengingat pada rangkaian cakram juga terdapat pulser ring.

Apabila pulser ring mengalami perubahan posisi dudukan akibat gembok tersebut maka akan berpengaruh pada pembacaan sensor ABS.

RELATED
NEWS