NEWS
DETAILS
Jumat, 04 Aug 2023 08:24 - Ikatan Motor Honda Makassar

 

Asmo Sulsel - Berkendara dengan sepeda motor memang sangat memudahkan rutinitas manusia. Banyak orang merasa terbantu dengan adanya sepeda motor di rumahnya. Kemana pun terasa dekat, bahkan jalur lintas kota dapat ditempuh dalam hitungan jam.

Namun, berkendara dengan sepeda motor bukanlah perkara yang sepele, Bro. Kadang-kadang, masalah-masalah kecil dapat menghampiri kita di jalanan. Mulai dari ban bocor, kehabisan bensin, kopling putus, hingga masalah overheat. Masalah yang terakhir ini cukup berbahaya, karena jika sepeda motor overheating, itu berarti ada masalah pada mesinnya. Dan jika dibiarkan dan dipaksa untuk terus berjalan, risiko mesin mogok akan semakin besar. Kalau kamu memiliki dana yang cukup untuk mengganti mesin, itu mungkin oke. Tapi bagaimana jika tidak? Tenang saja, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Cara Mengatasi Masalah Overheat pada Sepeda Motor

  1. Mengecek Penyebab Overheat

    Overheat pada sepeda motor bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, sekitar 95% kasus overheat terjadi karena sirkulasi oli dalam mesin yang terhambat. Hal ini bisa terjadi karena oli yang tidak pernah diganti, atau kondisi oli yang sudah tidak lagi optimal atau terlalu encer.

    Ketika terjadi masalah pada sistem pelumasan, ring piston pada mesinlah yang paling menderita. Ring piston yang mengering akan mengakibatkan mesin sulit beroperasi dan mengganggu perjalananmu.

    Biasanya, masalah ini sering terjadi pada sepeda motor yang telah mengalami "bore up." Piston yang tidak sesuai standar atau tidak cocok juga dapat menyebabkan gesekan berlebih dan mempercepat kekeringan ring piston. Selain itu, ketika mesin overheating, piston akan memuai, menyebabkan pergerakan piston menjadi terhambat, sehingga motor kehilangan tenaga dan akhirnya mogok.
     
  2. Pertolongan Pertama Saat Overheat

    Langkah pertama yang harus diambil ketika sepeda motor overheating adalah mematikan mesin dan biarkan mesin dingin terlebih dahulu. Cobalah untuk membawa sepeda motor ke tempat yang teduh jika memungkinkan, atau lebih baik lagi jika ada bengkel terdekat yang bisa membantu menangani masalah ini.

    Setelah mesin dingin, langkah selanjutnya adalah membuka katup busi dan mencopot busi. Lalu, tambahkan oli baru melalui lubang busi tersebut. Ini adalah cara cepat untuk memastikan oli segera melumasi piston sehingga pergerakan piston bisa maksimal.

    Setelah itu, nyalakan mesin dan panaskan secara perlahan. Jangan langsung menggeber gas. Piston yang belum terlumasi dengan baik dapat rusak karena terlalu mendadak.
     
  3. Mencegah Overheat pada Sepeda Motor

    Salah satu cara mencegah sepeda motor dari masalah overheat adalah dengan rutin mengganti oli. Sama seperti merawat sepeda motor injeksi, jangan pernah menunda pengisian bensin.

    Pilihlah oli dengan kualitas terbaik. Meskipun harganya lebih mahal, oli yang berkualitas akan memudahkan perawatan baik pada sepeda motor otomatis maupun manual. Jangan pelit, karena ini juga berpengaruh pada kesehatan mesin sepeda motormu sendiri.

Selain itu, dengan kemajuan teknologi pendinginan pada sepeda motor, banyak yang menggunakan sistem pendinginan berupa coolant. Sistem ini memastikan suhu mesin tetap optimal. Contohnya, sepeda motor otomatis injeksi keluaran tahun ini. Jangan heran jika merawatnya jauh lebih mudah dibandingkan dengan jenis sepeda motor lainnya.

Memanasi mesin juga penting untuk menghindari masalah overheat. Jika sepeda motor terlalu lama tidak digunakan, ada peluang besar untuk mengalami overheat. Cukup dua menit saja untuk memanasi mesin sehingga hasilnya optimal.

Nah, sekarang kamu sudah paham cara mengatasi masalah overheat pada sepeda motor. Jadi, tidak perlu panik jika kamu mengalaminya di jalan. Yang perlu diingat adalah bahwa sepeda motormu tidak akan mengalami overheat jika kamu merawatnya secara rutin dan telaten.

RELATED
NEWS