NEWS
DETAILS
Kamis, 28 Mar 2024 10:15 - Honda Community Jawa Timur

Mudik lebaran merupakan tradisi yang sudah melekat dalam budaya masyarakat Indonesia. Pemerintah pun telah mempersiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik.

 Selain pemerintah, para bikers juga perlu mempersiapkan diri serta transportasi yang akan digunakan untuk melakukan perjalanan mudik lebaran. 

Beragam pilihan transportasi perlu dicermati dengan tepat untuk mengantarkan keluarga bersilahturahmi, salah satunya menggunakan sepeda motor.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui dan disiapkan oleh para bikers yang ingin berkendara saat mudik lebaran.

1. Kondisi Kendaraan

Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan sehat. Sebaiknya lakukan perawatan dan pengecekan sepeda motor sebelum dibawa mudik lebaran. Perawatan motor lebih awal bisa mengurangi resiko kecelakaan yang diakibatkan oleh factor kendaraan, selain itu juga dengan melakukan perawatan secara rutin, kendaran selalu prima dan berkendara menjadi aman. Para bikers bisa melakukan perawatan di bengkel AHASS terdekat. Menjelang musim mudik lebaran.

2. Route Planning

Rencanakan perjalanan, persiapkan planing perjalanan dengan matang untuk menghidari area-area yang resiko terjadi kecelakaan tinggi seperti tujuan perjalanan, jalan yang dilalui, dan tempat istirahat. 

Selain rute perjalanan, perlu dipersiapkan juga rute perjalanan sehingga dapat mengatur kecepatan kendaraan sesuai kebutuhan seperti mengetahui tempat istirahat setelah berkendara selama 2 jam perjalanan. 

3. Persiapan Fisik dan Psikis 

Perjalanan mudik dengan motor bukanlah hal yang mudah dilakukan. Butuh kesiapan fisik yang prima, skil berkendara yang memadai dan emosi yang stabil sebelum melakukan perjalanan jauh. Apalagi saat mudik lebaran kondisi jalan macet. 

“Berkendara bersama keluarga merupakan hal yang menyenangkan, namun perlu diingat beberapa hal untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara baik jarak jauh maupun jarak dekat. Jika berencana mudik lebaran naik motor, sebaiknya lakukan persiapan dengan baik. Tak hanya kendaraan, tapi juga persiapan fisik yang prima karena akan menempuh perjalanan cukup jauh agar #Cari_Aman saat berkendara mudik lebaran” kata Suhari, Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim.

RELATED
NEWS