NEWS
DETAILS
Senin, 03 Jul 2023 10:44 - Paguyuban Honda Malang

Ismail atau akrab disapa Smile member CB150X Adventure Indonesia chapter Surabaya tergabung dalam CB150X ADV ID Pengda Jatim sekaligus Humas Nasional CB150X ADV ID melakukan single riding ke Sulawesi dan Kalimantan. Dalam touring bertitel The Celebes Borneo Journey.

“Dari dulu pingin banget touring Explore Indonesia dan baru kesampaian ini,” kata bro Smile.

Honda CB150X kesayangan yang terkenal tangguh menjadi andalan bro Smile untuk melakoni ridingnya ke Sulawesi dan Kalimantan. CB150X ini dipasangi beberapa aksesoris yang mendukung untuk perjalanan mulai bok dari SHAD INDONESIA untuk tempat pakaian dan perlengkapan selama perjalanan, winshield dari AWS winshield.

Sedang jaket, tas pinggang/waisbag, tankbag, dufflebag untuk riding The Celebes Borneo Journey Smile produk 7Gear Indonesia


Hari 1 dan 2 (Menyeberang dengan kapal dari Surabaya ke pulau Sulawesi tepatnya Makassar)

Start riding pada 15 Juni 2023 dari Surabaya menyeberang ke Sulawesi dengan kapal Feri DLU KM. DHARMA KENCANA VII. Butuh waktu kurang lebih 30.jam untuk mendarat di Makassar. 

 

Hari Ke 3 – Makassar dan Pare Pare

Sampai di Makassar bro Smile mampir sebentar di Pantai Losari. Paginya ekplore Makassar dan silaturahmi dengan teman bikers di Makassar.

 

Pagi hari bro Smile memulai perjalanan The Celebes Borneo Journey dengan pertama mampir ke Masjid 99 Kubah. “Masjid kubah 99 atau yang lebih dikenal dengan Masjid Asmaulhusna adalah sebuah masjid bersejarah yang berada di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 2017 dan diresmikan pada tahun 2022, namun saat ini masjid masih dalam proses tahap finishing,” ujarnya.

Lanjut untuk kuliner kas Makassar. “Dari dulu penasaran dengan kuliner Pallubasa Onta dan Pallubasa Serigala, makanya kuliner dulu,” ucapnya.

 

Silaturahmi ke Toko teman di makassar @rallyemoto_indonesia sekaligus mengambil kiriman barang dari @7gear

 

Sore hari perjalanan menuju ke Pare Pare ditempuh kurang lebih 3 jam dari Makassar. Sesampainya di Pare Pare berkunjung ke Monumen Cinta Sejati Habibie dan Ainun.

“Di Pare Pare ini pas cari hotel lama nggak dapat dan ketemu bikers Pare Pare yang menawarkan diri untuk membantu. Sambil mencari hotel, saya merapat sebentar ke Kopdaran mereka untuk bersilahturahmi dan Ngopi. Makasih,” ucap Smile.

 

Hari ke 4 ( Pare Pare -Toraja dan Masamba )

Pagi jam 5 pagi perjalanan The Celebes Borneo Journey dimulai kembali. “Hari ini rute dan tujuan saya adalah ke Toraja & Masamba, Start dari Parepare - Pinrang - Kabere - Enrekang - Makale - Palopo – Masamba,” kata Smile.

Sampai di Toraja, tempat wisata jadi tujuan. Wisata yang pertama adalah Patung Yesus Memberkati di Kelurahan Buntu Buraken, kecamatan Makale, kabupaten Tana Toraja, provinsi Sulawesi Selatan. 

Kemudian ke tempat wisata kedua di Kete Kesu Toraja di kecamatan sanggalangi, kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. 

Selanjutnya gasspoll melanjutkan perjalanan ke Masamba. Jalur yang dilewati termasuk jalur gunung dan hutan serta jauh dari penduduk maka perjalanan saya lakukan di siang hingga sore. Tidak malam.

 

“Jalur Toraja - Masamba mirip banget dengan jalur di Flores, jalurnya berkelok – kelok, asyik untuk riding. Untung saya dulu sudah pernah ke Flores yang jalurnya mirip hingga gak bengitu terkejut,” ujarnya

 

Hari ke 5 ( Parigi )

Rute hari ke 5 Masamba dan Parigi. The Celebes Borneo Journey start dari hotel sekitar jam 8.00 ke Parigi. jalurnya sangat bagus & sepi, melintasi jalan2 gunung mirip sekali dengan Kelok 44 yang ada di Sumatra barat.

 

“Rute dan jalur yang kebanyakan jalan ganung dan hutan yang agak sepi, serasa jalan milik sendiri. Buat yang riding sendirian, tidak disarankan jalan malam melewati jalur ini. Lebih aman jalan pagi, kaerna selain jauh dari SPBU juga jalannya sepi dan jalan gunung,” pesan Smile

 

Hari Ke 6 dan 7 ( Marisa dan Gorontalo)

Start dari Parigi jam 8.00 WITA menuju Marisa dan Gorontalo. Sebelum menuju Marisa, members CB150X ADV ID chapter Surabaya ini mampir sejenak di Tugu Garis Katulistiwa di jalan Trans Sulawesi, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Sekedar mengambil sedikit foto dan Dokumentasi.

Perjalanan menuju Marisa The Celebes Borneo Journey diiringi hujan. Sampai Marisa bertemu bikers Mas Rolin. Ngobrol dan dibantu mencari hotel.

 

Hujan di pagi hari membuat rencana langsung ke Manado diubah. Tujuan trip pendek dan istirahat di Gorontalo di hotel Jambura Inn yang berada di dalam kawasan kampus Universitas Negeri Gorontalo Fakultas Ilmu Sosial. 

 

Hari 8 dan 9 (Manado)

Sampai di Gorontalo, bro Smile yang merupakan humas nasional CB150X ADV ID diajak para bikers dari komunitas CBX, HMC dan HSFCI untuk ngopi santai malam hari di Bawah Tower Gorontalo. Undangan ini tak dilewatkan untuk silaturahmi dan menanyakan jalur yang aman tentu untuk melintas ke Manado. 

 

Setelah menempuh perjalanan selama 9 jam dari Gorontalo akhirnya sampai Manado. Di Manado teman bikers Gland Owner dari @pm_modification mengajak makan malam ikan bakar di Pasir Putih dan ngobrol.

 

Pagi hari, bikers dari HMC bro @trap_hmc113 dan teman-teman sudah di hotel untuk jemput. Para bikers ini mengajak ke rumah Bro Chandra @cdr_zone untuk sarapan bubur Manado yang lezat dan keliling Manado dengan berkunjung ke Monumen Yesus Memberkati dan Bendungan Kuwil Kwangkoan. Mampir ke cafe bro @umbohpaul di Bitung untuk nongkrong sebentar dan balik ke Manado.

 

Setalah dari Bitung, meluncur ke bengkel Om Gland dan beristirahat di hotel dekat bengkel beliau. Malamnya beliau jemput lagi ke hotel, untuk makan malam di sekitaran Mega Mall pinggir pantai. Setelah makan malam, balik hotel untuk beristirahat karna besok pagi mau jalan ke pasar Extrem Tomohon dan Explore Manado lagi.

 

Hari ke 10-11-12 (Tomohon, Manado, Bitung )

Di hari ke 10 ke Tomohon dan Manado. Tujuan The Celebes Borneo Journey bro Smile wisata ke :

- Pasar Extreme Tomohon

- Puncak Tentena

- Cafe Turu Ma'asering

- Danau Linow

 

Pagi hari jam 07.00 dijemput Bro Ronal dan Bro Reinhard untuk diantar berkunjung di wisata di sekitaran Tomohon selanjutnya gabung Bro Toni untuk bareng-bareng ke Tomohon.

 

Pertama-tama yang dikunjungi tentunya pasar Extreme Tomohon. Lanjut ke puncak Tentena melihat indahnya kota Manado dan kota Bitung dari atas puncak, Kemudian turun ke Cafe Turu Ma'asering lanjut ke Danau Linow. 

Geser ke Kopdaran di Kota Manado yang berada di Kompleks Mega Mall dan beristirahat di rumah Bro Umboh Paul. 

Hari ke 11 tepat pada Minggu. Pagi Jam 7 bersama Om @Gland Sunmori dan ambil sertifikat 0.KM TRANS SULAWESI di Bitung dan berwisata di pantai sekitar.

 

Lanjut perjalanan lagi ke Batu Angus lalu ke Pantai Paal yang berada di Likupang. Dengan rute dan jalur yang indah. :Di Jawa mirip jalur JLS (Jalur Lintas Selatan) is the Best pokok jalurnya,” kata Smile.Akhirnya nyampai juga di PANTAI PAAL di Likupang. Menikmati Pantai Paal.

Esok hari bro Smile mampir di Bengkel Om @gland untuk ganti Oli motor dan cek kondisi motor sebelum lanjut ke Borneo. “Tak ada kendala sekali dan siap untuk diajak riding ke Borneo,” kata bro Smile.

 

Selesai ganti Oli dan Cek motor bersama Om Gland @pm_modification Om @cdr_zone Om @jimfotografi ngopi di Gunung Tumpa. Di sini ngopi sambil melihat Sunset dan indahnya Pulau Bunaken 

 

Pengantian oli dan pengecekan dilakukan demi menjaga performa kendaraan tetap fit. Perjalanan lancar jaya.

 

CB150X yang ditunggangi Bro Smile ini lancar jaya mengantar perjalanan di pulau Sulawesi dalam The Celebes Borneo Journey. Medan beragam dilalui dari jalur kota, luar kota, pegunungan, jalan naik dan turun, jalur berkelok, jalan pantai, jalan yang tak mulus dengan lancar dilalui bro Smile dengan CB150X.

RELATED
NEWS