NEWS
DETAILS
Jumat, 13 May 2022 12:06 - Ikatan Motor Honda Makassar

Asmo Sulsel - Tana Toraja, salah satu destinasi touring favorit di Sulawesi Selatan. Bukan hanya jalur touringnya, tetapi juga keindahan alam serta kekayaan budaya Tana Toraja kerap menjadi magnet bagi komunitas motor di Sulawesi bahkan hingga diluar pulau Sulawesi.

Makam tebing batu yang terletak di desa Lemo menjadi daya tarik sendiri karena merupakan salah satu satu makan tebing batu tertua di Toraja. Tidak sembarangan orang bisa dikuburkan di tebing batu tersebut, karena hanya mereka yang berasal dari keturuan bangsawanlah yang akan dimakamka di bagia tebing, selain itu akan bangsawan juga ditunjukkan dengan adanya patung Tau-Tau di depan makam.

Sebelum memulai proses pemakaman, keluarga harus melakukan upacara Rambu Solo sebagai penghormatan tertinggi sebelum jenazah tersebut dimakamkan. Rambu Solo merupakan salah satu prosesi pemakaman terbesar di Indonesia tak jaring acara ini memerlukan waktu beberapa hari dan menggunakan biaya ratusan bahkan milyaran rupiah.

Tak jauh dari lokasi makam tebing, Brosis bisa menikmati kemegahan patung Yesus tertinggi di dunia. Hanya butuh waktu perjalanan 30 menit dari lokasi makam tebing Brosis sudah bisa sampai di lokasi patung Yesus yang terletak di puncak bukit Buntu Burake. Lokasi in berada di ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut.

Selain itu, ika Brosi berkunjung ke Toraja kurang asik jika tidak menikmati wisata kopi Toraja di Pango-Pango yang terletak di kawasan dataran tinggi. Dari sini Brosi bisa melihat bentang alam yang menarik dan potret kota Makale yang sangat megah.

Ollon, merupakan lokasi wisata yang menawarkan hamparan bukit hijau yang sangat luas dan cocok untuk menginap dan mendirikan tenda bersama grup touring BRosis. Wisata Ollon berada di Bau, Bonggakaradeng

Komplek Megalit Kalimbuang Bori, mungkin masih terdengar asing bagi beberapa Brosis, lokasi wisata ini berada di kecamatan Sesean. Disini pengunjung bisa melihat banyak batu menhir atau batu berdiri. Batu batu ini berfungsi sebagai bukti untuk menghormati para tetua adat atau keluarga bangsawan yang sudah meninggal ratusan tahun silam.

Membahas lokasi wisata dan kebudayaan di Toraja tidak akan ada habisnya, jadi silahkan Brosis mengeksplor lokasi-lokasi wisata dan kekayaan budaya Tana Toraja yang masih belum terekspos oleh banyak media. 

Tana Toraja merupakan kekayaan dengan tanah yang eksotik yang ada di pegunungan Sulawesi. Toraja adalah bukti bahwa Indonesia kaya akan budaya dan tradisi serta alam yang sangat megah.

RELATED
NEWS