NEWS
DETAILS
Kamis, 13 Jan 2022 11:31 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-Kawan... Memang behel motor terlihat sederhana namun mempunyai fungsi yang cukup penting bagi keselamatan dalam berkendara. Sayangnya, tak banyak yang paham sama manfaatnya. Akhirnya, dilepas atau diabaikan sama perawatannya. Ssst… biar makin paham, mendingan pelajari fungsi ganda behel di motor.

Umumnya, pada semua jenis motor dari berbagai pabrikan, mau keluaran tahun berapa saja, pasti dilengkapi komponen berbahan dasar besi dan juga nylon ini. Maklum, selain sebagai pemanis tampilan, behel juga mendukung kenyamanan saat berkendara.

Contoh simpel, peranti ini buat melindungi rumah stoplamp dari kontak langsung dengan barang bawaan yang melebihi kapasitas atau malah bokong pemboceng yang ‘overlap’. Maksudnya, pembonceng yang memang overweight. Sehingga tidak merusak rumah lampu belakang. 

Selanjutnya, behel menjadi penahan tumpuan beban boncenger. Dengan berpegangan pada behel, posisi riding saat berboncengan tetap stabil. Bukan hanya itu, dengan bertumpu pada pegangan yang kokoh, posisi behel memudahkan saat rider parkir pakai standar tengah.

Dudukan behel ditopang dengan 4 buah baut, masing-masing 2 buah disebelah kiri dan 2 disebelah kanan. lebih kokoh dan aman.jangan lupa dicek dan dibersihkan kalau kotor ya bro, untuk menghindari korosi. Selain itu, desain behel mengikuti jenis motor. Varian behel di motor sport didesain lebih sporti. Tetap menarik dan fungsional. 

Selain itu, behel juga bermanfaat saat rider akan memarkir besutan dengan standar tengah. Komponen ini bisa sebagai pegangan untuk membantu mengangkat bodi motor, dengan cara menarik bagian pinggir besi behel. Jleggg… motor pun terparkir sempurna.

RELATED
NEWS