NEWS
DETAILS
Selasa, 26 Jul 2022 05:37 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Honda CBR250RR SP dibekali teknologi quick shifter yang membuatnya makin nyaman buat ketika berakselerasi. Tapi kalian tahu nggak sih, apa manfaat utama dari teknologi quick shifter ini?

Secara umum, teknologi quick shifter berfungsi mempermudah pengoperasian gigi tanpa memerlukan intervensi dari kopling. Jadi pergantian gigi naik dan turun dengan sangat cepat, bisa dilakukan tanpa menarik tuas kopling. Tuas kopling hanya dibutuhkan saat ingin memasukkan gear satu atau gear netral.

Jadi, sensor akan membaca perpindahan gigi ketika mengoperasikan shift pedal. Lalu dikirimkan ke ECM (Electronic Control Modul). Nah ECM akan membaca kecepatan kendaraan rpm mesin dan posisi gigi, sebagai parameter untuk mengontrol torsi mesin dengan mengendalikan bukaan throttle valve, waktu pengapian dan waktu penyemprotan bahan bakar.

Perlu diketahui, fitur quick shifter pada Honda CBR250RR SP ini tidak berfungsi saat menaikkan gigi dengan gas tangan tidak diputar. Kemudian, fitur ini baru berfungsi saat kecepatan mesin lebih dari 1.500 rpm, pada naik gigi atau lebih dari kecepatan stasioner pada turun gigi. Teknologi ini juga tidak akan berfungsi saat handle kopling ditarik.

RELATED
NEWS