NEWS
DETAILS
Senin, 30 Oct 2023 08:48 - Honda DAW Community

Aki Motor Tidak Berfungsi Disebabkan Karena Hal-hal ini:

  1. Salah satu penyebab dari aki motor tidak mengisi yaitu usia aki motor yang sudah lebih dari 2 tahun. Masa pakai aki sekitar 1,5 atau dua tahun, paling lama. Jika lebih dari dua tahun, dipastikan performa aki turun dan harus segera menggantinya dengan yang baru. Jika dibiarkan begitu saja, bisa menyebabkan aki motor rusak dan motor tidak bisa digunakan
  2. Kiprok rusak, sehingga menyebabkan aki motor kurang setrum. Fungsi dari kiprok adalah menyesuaikan tegangan listrik sesuai dengan kebutuhan mesin motor. Jika sudah rusak, harus segera diganti. Komponen sepert kiprok, spull, soket dan sebagainya perlu diperiksa. Pengecekan dilakukan menggunakan voltmeter. Kiprok bertugas sebagai regulator yang menerima aliran listrik sesuai kebutuhan aki dari spull.
  3. Aki kelebihan beban. Misalnya penambahan aksesoris motor yang mengandalkan listrik secara berlebihan.
  4. Aki soak dan kotor bisa menjadi penyebab aki motor tidak mengisi dengan baik. Aki soak disebabkan karena telah habis masa pakai, namun belum diganti. Sedangkan aki kotor karena karat dan plat.
  5. Segera lakukan pengecekan jika motor Anda mengalami dua atau tiga ciri-ciri motor aki tidak mengisi seperti ulasan di atas. Ganti aki dengan yang baru, atau isi ulang aki untuk mengurangi kerusakan aki yang lebih parah.

 

RELATED
NEWS