NEWS
DETAILS
Selasa, 19 Oct 2021 19:39 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Pengguna sepeda motor menginginkan tunggangannya tampil klimis menarik dan enak dilihat. Demikian juga dengan ban yang mengkilap menambah maksimal penampilan motor.

Banyak para pemilik motor pun bikin ban ini mengkilap dengan di semir. Sayang kadang semir ban yang dipakai asal. Semir ban tanpa merek dan tanpa ada standarisasi pengujian dari lembaga standarisasi nasional. Asal bisa bikin mengkilap ban, semir ban digunakan.

Memang ban saat itu setelah di semir mengkilap. Tapi dampak dikemudian hari  pada ban bisa nggak karuan. Semir ban yang mengandung zat kimia yang tidak bersahabat dengan ban bisa mengundang bahaya.

Ban jadi terpengaruh. Dari ban bisa licin hingga membuat ban retak dan getas yang membuat usia ban pendek.

“Baiknya pakai yang bermerek. Pabriknya jelas dan ada standarisasi nasional dari lembaga standarisasi nasionalnya untuk jaminan kualitasnya,” kata Dodiyanto selaku marketing product development ban IRC.

“Bagian ban yang diberi semir ban juga tidak semua bagian. Hanya pada bagian side wallnya saja yang disemir. Bagian tapak ban jangan disemir. Sebab khawatir malah bisa bikin licin,” sambungnya.

Ban yang licin bisa bahaya. Ban tidak bisa menapak dengan maksimal ke aspal yang akhirnya bisa bikin jatuh.

RELATED
NEWS