NEWS
DETAILS
Rabu, 20 Oct 2021 20:00 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Sistem pengereman sangat vital fungsinya pada setiap kendaraan, termasuk juga dengan motor. Semua yang tergabung ke dalam sistem pengereman juga tentunya harus dirawat.

Minyak rem juga termasuk ke dalam sistem pengereman. Untuk itu, perlu diperhatikan juga bagaimana kondisi minyak rem pada sebuah motor.

Minyak rem bisa berkurang jika sering dipakai. Namun, pada motor yang minyak remnya masih di atas batas normal, tetap harus menggantinya jika sudah terlalu lama usianya. Hal ini bertujuan agar sistem pengereman tetap dapat bekerja dengan optimal.

Pada Honda Vario 125 salah satunya, caranya cukup mudah untuk menguras minyak rem yang ada pada master rem. Langkah pertama, sediakan dulu peralatannya, antara lain obeng kembang atau plus, lap bersih, dan selang kecil yang transparan.

Langkah kedua, buka master rem dan masukkan minyak rem ke dalam master rem secara perlahan. Usahakan untuk tidak menetes ke mana-mana, apalagi sampai mengenai bagian bodi motor. Pasalnya, minyak rem merupakan cairan yang cukup keras dan bisa merusak cat. Untuk itu, sebelumnya lindungi bagian sekitar master rem dengan kain.

Selanjutnya, setelah minyak rem dimasukkan, pasang selang pada nipel kaliper rem. Lalu, pompa handle rem berulang-ulang sampai terasa lebih keras. Cara ini bertujuan untuk membuang udara yang masuk.

Kemudian, tarik handle rem dan tahan sebentar. Setelah itu, kendurkan nipel kaliper perlahan sampai ada minyak rem dan gelembung udara yang keluar. Jika minyak rem sudah keluar, lakukan kembali proses pengencangan baut nipel kaliper.

Jangan lupa untuk menekan kembali handle rem untuk menghilangkan gelembung yang ada di selang. Atur jarak main handle rem. Jika dirasa masih kurang, bisa kembali tambahkan minyak rem. Jika pengereman sudah dirasa cukup, tutup kembali master rem dan cek baut pada master rem dan kaliper apakah sudah dikencangkan semua.

RELATED
NEWS