NEWS
DETAILS
Sabtu, 28 May 2022 08:46 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan..... Asap knalpot kendaraan yang masih prima seharusnya tidak mengeluarkan warna. Jika asap knalpot yang keluar terlihat berwarna, bisa jadi motor kesayangan kawan-kawan ada masalah.

Namun beda warna, permasalahannya juga berbeda. Jadi, warna asap apa saja yang harus diwaspadai? Simak penjelasan berikut, ya!

Asap Berwarna Putih

Pada umumnya, asap putih yang merupakan hasil dari penguapan air dapat muncul ketika motor dinyalakan. Namun apabila asap putih berlangsung lebih dari 30 detik, tandanya asap ini dihasilkan dari air pendingin yang masuk ke dalam silinder. Hal ini mengindikasikan adanya kerusakan pada silinder atau gasket motor, walaupun biasanya terjadi setelah motor mengalami tabrakan atau umur mesin motor yang sudah usang.

Asap Berwarna Kebiruan atau Abu-abu

Tergantung pada jenis motor, asap berwarna kebiruan atau abu-abu bisa menandakan hal yang berbeda. Pada motor 2-tak, asap ini masih dianggap normal selama tidak berlebihan. Akan tetapi asap ini bisa mengindikasikan masalah pada motor 4-tak, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak, karena artinya motor sedang membakar oli.

Terbakarnya oli yang menghasilkan asap ini menandakan kebocoran pada seal valve sehingga oli dapat masuk ke ruang bakar. Selain itu, penyebab paling umum adalah katup PCV (Positive Crankcase Ventilation) yang tertutup atau macet, sehingga mengakibatkan naiknya tekanan dan menghasilkan asap.

Asap Berwarna Hitam

Asap berwarna hitam tandanya pembakaran bahan bakar motor tidak sempurna, sehingga sisa pembakaran keluar melalui knalpot. Hal ini dapat terjadi jika terdapat kebocoran dari reed valve yang retak atau rusak pada motor 2 tak, atau permasalahan pada katup masuk pada mesin motor 4 tak. Tergantung pada tingkat permasalahannya, motor yang mengeluarkan asap hitam bisa membutuhkan perbaikan sederhana atau kompleks. Penggunaan bahan bakar pun bisa menjadi boros jika hal ini dibiarkan terlalu lama.

RELATED
NEWS