NEWS
DETAILS
Senin, 24 Oct 2022 15:04 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Rantai berfungsi sebagai penerus daya mesin ke roda tentunya perlu perawatan rutin. Bahkan, merawat rantai sepeda motor ada periodenya. Jika abai bisa menimbulkan suara rantai motor berisik.

Jika perawatan diabaikan, imbasnya rantai akan menjadi kendur atau karatan dan imbasnya muncul suara berisik yang menggangu. Lebih jauh lagi, tentunya juga menyebabkan kinerja sepeda motor tidak optimal.

Pada sepeda motor model bebek dan sport yang beredar di Indonesia, umumnya masih menggunakan rantai untuk perpindahan transmisi daya. Sehingga merawat rantai sepeda motor menjadi keharusan agar kinerjanya bagus.

 

Rantai yang kendur bisa menjadi penyebab bunyi berisik pada motor. Bahan logam pada rantai akan mengendur karena adanya gaya tarik yang membuat rantai lama kelamaan menjadi lebih panjang. Suara akan otomatis keluar pada rantai yang kendur. Rantai motor menjadi ‘molor’ adalah hal wajar karena penggunaan. 

Pada bagian roda belakang motor terdapat adjuster yang fungsinya untuk menyetel jarak bebas rantai. Cara menyetel rantai sendiri adalah dengan mengendorkan mur roda dan putar adjuster sesuai dengan jarum jam. 

Tujuannya agar roda belakang semakin ke belakang dan rantai pun akan kembali kencang. Yang perlu diperhatikan adalah putaran dari mur adjuster harus sama antara kanan dan kiri.

Karenanya, rantai harus disetel sehingga tidak terlalu kendor atau kencang. Penyetelan harus selalu dilakukan pada saat servis rutin. Kendornya rantai disebabkan oleh dua alasan. Pertama karena penyetelan yang salah dan kedua karena kurang perawatan.

Masih banyak pemilik sepeda motor yang abai dengan hal ini. Padahal komponen rantai harus selalu dalam kondisi terlumasi oleh minyak rantai. Kondisi rantai yang kering tentunya akan menimbulkan suara berisik dan bisa berakibat rantai cepat aus.

Perlu diperhatikan, pelumas pada rantai harus diaplikasikan kembali setelah kotoran dan air dibersihkan dan dikeringkan terlebih dulu. Yang terpenting gunakan pelumas khusus rantai dan hindari oli bekas. Sebab, Oli bekas justru akan membuat rantai semakin kotor dan mempercepat korosi. 

RELATED
NEWS