NEWS
DETAILS
Minggu, 01 Jan 2023 12:28 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Beraktifitas menggunakan sepeda motor memang sangat menyenangkan selain praktis karena bisa kita gunakan kapan saja, namun juga efisien dimana konsumsi bahan bakarnya bisa lebih irit dibandingkan kita menggunakan kendaraan roda empat. Meskipun seperti itu, kondisi cuaca di beberapa wilayah di Indonesia saat ini tidak bisa diprediksi kadang cerah namun tiba-tiba hujan turus dengan deras.

Disaat kondsi seperti ini  kita harus mempersiapkan perlengkapan berkendara tambahan. Beberapa perlengkapan yang harus disiapkan ketika akan berkendara terlebih ketika diperkirakan akan turun hujan diantaranya:

Jas Hujan 

Jas hujan menjadi perlengkapan yang wajib dibawa agar tubuh kita tidak menjadi basah kuyup akibat hujan. Jas hujan yang baik adalah jas hujan setelan dengan bagian atasan dan bawahan yang terpisah, bukan jas hujan model ponco yang besar. Selain itu jas hujan juga disarankan memiliki warna yang cerah atau terdapat garis warna terang pada jas hujan yang dapat menyala apabila terkena lampu dari pengendara lain terlebih ketika hujannya di malam hari.

Jas Hujan Sepatu

Jas hujan sepatu atau shoes raincoat juga menjadi salah satu perlengkapan yang patut kita siapkan yang berfungsi untuk melindungi sepatu kita agar tetap kering meski berkendara dalam keadaan hujan. Untuk pemilihan shoes raincoat ini harus tepat, kita harus memastikan bahwa ukurannya tidak terlalu besar dan bagian telapaknya haruslah terbuat dari bahan yang tidak licin ketika kita menapakkan kaki di jalan raya.

Sarung Tangan

Meskipun sarung tangan merupakan perlengkapan yang wajib dikenakan tidak saat hujan saja, namun ketika hujan sebaiknya menggunakan sarung tangan yang memiliki daya serap air rendah dan harus tetap menutupi seluruh ruas jari tangan pengendara. Sarung tangan yang miliki daya serap air rendah akan memberikan kenyamanan saat dipakai dan tidak licin saat kita memutar tuas gas.

Berkendara sepeda motor saat musim hujan juga perlu ekstra hati-hati. Selain jalanan yang lebih licin, jarak pandang yang berkurang ditambah adanya jalan berlubang tentunya akan mengganggu dan membahayakan pengendara.

RELATED
NEWS