NEWS
DETAILS
Selasa, 12 Sep 2023 11:45 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Banyak motor-motor keluaran sekarang ini yang telah menerapkan penggunaan rem ABS atau antilock brake system. Rem ABS di motor sangat terasa manfaatnya, terlebih pada kondisi hujan yang mulai sering turun seperti sekarang ini. Seperti diketahui, Rem ABS alias Anti-lock Brake System memiliki kemampuan mencegah ban terkunci saat pengereman.

Kondisi ban motor mengunci ini memang bisa terjadi pada saat riding menerjang hujan. Sebab pada saat hujan, jalan relatif jadi lebih licin sehingga jika melakukan pengereman terlalu keras maka ban akan mengunci.

Nah, pada fitur rem ABS ini memanfaatkan sensor yang terpasang di sekitar piringan cakram. Saat sensor mendeteksi ban mulai terkunci, akan memberikan informasi ke ECU diteruskan ke kaliper yang akan melonggarkan cengkeramannya ke cakram agar ban kembali berputar. Dan dalam waktu sepersekian detik, kaliper akan otomatis kembali mencengkeram cakram untuk menghentikan laju motor dengan aman.

Terkait dengan perawatannya, sebenarnya perawatan khusus rem ABS tidak ada, sama saja dengan rem non-ABS, yang penting selalu cek kondisi minyak rem dan lakukan penggantian sesuai buku pedoman pemilik kendaraan. Hanya saja, pastikan selalu pantau indikator ABS di panel instrumen, jika sering mati atau menunjukan kondisi yang tidak normal, segera bawa ke bengkel resmi untuk servis.

Andai indikator ABS menunjukan kondisi tak normal pun, bukan berarti sistem pengeremannya rusak total. Rem tetap bisa bekerja untuk menghentikan kendaraan, hanya saja kemampuan ABS-nya yang hilang.

RELATED
NEWS