NEWS
DETAILS
Senin, 25 Sep 2023 12:18 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Bicara soal perawatan, bukan hanya sepeda motor saja yang perlu dirawat. Tools atau kunci-kunci bawaan sepeda motor atau kunci tambahan juga perlu diperhatikan kondisinya. Hal ini dimaksudkan agar kunci-kunci tersebut tetap bisa bekerja optimal sewak-waktu kita membutuhkannya. Untuk itu, sobat perlu merawat kunci-kunci tersebut biar nggak cepat karatan atau rusak, sehingga awet dan tahan lama.

Berikut 4 langkah mudah merawat perkakas atau kunci-kunci:

1. Jangan digunakan jika sudah rusak.

Kunci yang sudah aus, bisa mengakibatkan baut atau mur menjadi selek. Maka dari itu, hindari penggunaan kunci-kunci yang sudah aus.

2. Bersihkan kunci-kunci sebelum dan sesudah digunakan.

Biasanya kunci-kunci terdapat oli, minyak, debu ataupun kotoran lainnya yang bisa mengakibatkan kesulitan saat menggunakannya. Begitu juga usai digunakan, setelah digunakan bersihkan kotoran yang menempel pada kunci-kunci atau semprotkan cairan pelindung karat.

3. Simpan di tempat yang tepat.

Tempat yang tepat adalah tempat khusus yang memang sudah disediakan untuk menyimpan kunci, seperti kotak perkakas ataupun wadah plastik. Hindari menyimpan kunci-kunci perkakas yang berbahan besi di tempat yang lembab untuk menghindari terjadinya korosi/karat.

4. Gunakan kunci sesuai pasangannya.

Pilihlah kunci pas, kunci ring, kunci L dan kunci sok yang berbahan chrome vanadium tinggi.

RELATED
NEWS