NEWS
DETAILS
Selasa, 17 Oct 2023 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Banyak yang bertanya, amankah mengisi bensin di tangki depan tanpa turun dari motor? Sebenarnya tidak ada masalah kalaupun pengendara motor harus berdiri atau duduk saat pengisian BBM. 

Karena  sesungguhnya tangki motor telah memiliki sekat sehingga distribusi bensinya seimbang antara sisi kanan dan kiri pada bagian tangkinya. 

Pengendara motor juga tidak perlu menggoyang-goyangkan motor saat mengisi bensin. Ini karena konstruksi tangki sudah dapat mendistribusikan BBM secara merata. Meski begitu, harus diakui ada unsur lebih aman dan selamat jika pengendara motor memilih turun dan berdiri dari motornya.

Karena ada beberapa risiko gangguan pada motor yang akan muncul saat sedang mengisi bensin. Salah satunya berupa percikan api yang bisa muncul pada tangki motor. 

Percikan api terjadi manakala kunci kontak ON atau mesin dalam keadaan menyala (saat diisi bensin) 

Hal ini terjadi karena sistem kelistrikan mesin akan terus menyala jika tidak dimatikan. Padahal, kelistrikan di badan motor juga sedang aktif saat diisi bensin. Jika listrik bergesekan, tentu akan menimbulkan percikan api yang bisa menyebabkan kebakaran. 

Selain itu, bahan bakar yang meluber dan terkena mesin motor yang panas juga dapat menyebabkan kebakaran. Apalagi kalau kendaraan beroperasi setelah jalan jauh pasti mesin dalam kondisi panas. 

Jadi pengendara motor yang tangkinya di depan tidak perlu turun dari kendaraan saat pengisian bensin. Namun, posisi berdiri akan membuat pengendara menjadi lebih responsif daripada duduk di jok motor. 

Tindakan tersebut dapat memudahkan pengendara menyelamatkan diri ketika ada kondisi darurat seperti percikan api yang memicu kebakaran.

Oleh karena  itu, sebaiknya mengisi bensin pada pom bensin  resmi, selain kualitas bensinnya sendiri  terjaga, pada pom bensin resmi biasanya memang wajib berdiri saat pengisian bensin.

RELATED
NEWS